Pemda Buleleng Bali Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Herry Barus | Minggu, 15 Januari 2017 - 04:09 WIB

INDUSTRY.co.id - Singaraja- Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Bali, terus memacu peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah itu dengan promosi ke dalam dan luar negeri.

"Kami optimis semakin banyak wisatawan ke Buleleng. Kami sudah menata beberapa kawasan yang menjadi favorit wisman saat ke Buleleng," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, I Nyoman Sutrisna di Singaraja, Bali, Sabtu (14/1/2017)

Ia mengatakan, beberapa destinasi andalan mampu menarik perhatian wisman seperti objek wisata Lovina, Pemuteran, Air Sanih, Air Panas Banjar dan sejumlah objek wisata lain di daerah itu.

Dalam catatan Antara, jumlah kunjungan wisman ke kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut sebenarnya sudah menunjukkan tren yang positif sejak tiga sampai empat tahun lalu.

Pihaknya mencatat kunjungan wisman pada 2014 ke Buleleng mencapai sekitar 467.243 orang. Kemudian naik sekitar 15 persen pada 2015 mencapai 555.338 orang.

Dikatakan pula, pengembangan pariwisata Buleleng mengarah pada hal positif terlebih lagi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sudah dipisah menjadi dua dinas. "Hal tersebut juga menyebabkan kami menjadi semakin fokus mengelola objek-objek wisata," kata dia.

Sementara itu, Dispar Buleleng juga terus berupaya bekerja sama dengan dinas kebudayaan setempat dalam hal mempromosikan kebudayaan Bali Utara yang sudah banyak dikenal masyarakat.

"Dinas Kebudayaan sudah mulai menata beberapa jenis kebudayaan yang sudah dikenal sebelumnya seperti gong kebyar, berbagai jenis tarian asli Buleleng dan peninggalan-peninggalan lontar," katanya. (Ant/Hrb)