Survei Google, Tingkat Penggunaan Internet di Kalangan ibu Tumbuh Pesat

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Februari 2018 - 15:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penelitian baru dari Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS mengungkap langkah-langkah offline dan online yang dilakukan konsumen di Indonesia sebelum membeli produk perawatan bayi.

Pada 2018, hampir 60% dari seluruh masyarakat Indonesia telah terhubung dengan Internet dan hampir 8 dari 10 pengguna Internet indonesia (79%) menggunakan Internet tiap hari terutama melalui smartphone.

Temuan yang mungkin mengejutkan adalah bahwa 1 dari 4 pengguna Internet Indonesia merupakan seorang ibu. Marketer yang ingin menyampaikan pesan kepada kelompok audiens ini perlu memastikan pesan mereka sesuai dengan cara para ibu Indonesia menjalankan peran mereka di masa sekarang.

Penelitian konsumen produk perawatan bayi ini menunjukkan bahwa:

Rumah tangga yang mengakses Internet lebih bernilai.Bagi brand produk perawatan bayi, rumah tangga yang menggunakan Internet 3,5x lebih bernilai daripada rumah tangga yang tidak.

Orang tua Indonesia melakukan riset online. Hampir 7 dari 10 (69%) pengguna Internet Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Dan untuk melakukannya, mereka menggunakan Google Penelusuran (poin kontak online pertama) dan situs brand (poin kontak kedua).

Orang Indonesia memanfaatkan video untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Video online menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. Waktu tonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5x (4,7x) secarayear-on-year di Indonesia pada 2017.

Penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Rata-rata pengguna Internet Indonesia memerlukan waktu 1 minggu untuk melakukan riset produk, tetapi (sebagian besar) riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian.

Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya.

Para ibu menggunakan Internet untuk mencari segala macam informasi di semua tahap kehamilan dan pasca-kelahiran. Marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli — yaitu di smartphonemereka.