Proyek TOD Bisa Lebih Cepat Jika Diserahkan Swasta

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 20 Februari 2018 - 11:45 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktur Ciputra Group Agus Surja Widjaja menegaskan pengembang swasta mampu membangun kawasan hunian berkonsep  Transit Oriented Development (TOD) asalkan skemanya diserahkan pada mekanisme pasar.

"Seharusnya pemerintah itu mengerjakan apa yang tidak bisa dikerjakan swasta saja. Daripada anggaran negara dipakai menyuntik BUMN buat bangun properti, lebih baik uangnya dihemat untuk bangun infrastruktur dan bangun properti ini diserahkan ke swasta saja," tuturnya.

 Kalaupun pemerintah ingin mematok harga yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), menurut Agus, pengembang swasta harus diberikan insentif seperti yang didapatkan pengembang BUMN selama ini.

"Kalau pemerintah ingin swasta membangun rumah yang affordable lebih banyak maka harus diberikan insentif seperti pajak, insetif dalam mendapatkan lahan yang affordable. Swasta kalau ada untung di atas kertas pasti digarap. Kalau pembangunan diserahkan ke swasta pasti pengembangannya akan lebih cepat," jelas Agus.