Persiapan Operasi Bulan Maret, TOD Mulai di Ujicoba Hari Ini

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 Februari 2018 - 13:16 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembangunan proyek kawasan transit terpadu, atau Transit Oriented Development (TOD) di Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten telah rampung dan di Ujicoba hari ini untuk persiapan operasional bulan Maret.

PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Soetta, merencanakan fasilitas TOD sebagai akses utama ke Bandara Soetta dari Tangerang. Keberadaanya mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik yang dapat menunjang transfer penumpang dengan shuttle bus gratis ke stasiun Bandara Soetta.

Shuttle bus yang beroperasi pukul 04.30-24.00 WIB juga mulai diujicoba pada 16 Februari 2018 lalu. Selama masa ujicoba diberlakukan parkir gratis hingga 28 Februari 2018. Sementara, pintu M1 pada 7 Oktober 2014, ditutup karena terdampak proyek rel Kereta Bandara.

"Kita mempersiapkan gedung TOD yang nantinya dipergunakan sebagai lokasi transit bagi karyawan yang bekerja di lingkungan bandara serta masyarakat Tangerang yang akan ke Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya," ujar Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Soekarno-Hatta Airport Erwin Revianto melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (16/2/2018).

Untuk tahap awal, gedung TOD memiliki kapasitas parkir roda empat seluas 5.054 meter-persegi, mampu memuat 177 kendaraan. Sedangkan, parkir roda dua memiliki luas 1.323 meter-persegi berkapasitas 415 unit. "Tentunya untuk area parkir akan kita perluas lagi pada tahap selanjutnya," ujar Erwin. (tar)