Menkeu Setuju Penerimaan PNS 37 Ribu

Oleh : Wiyanto | Senin, 22 Januari 2018 - 20:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 37 ribu sudah cukup baik.

"Rekrutmen CPNS 2017 lalu yang pelamarnya mencapai 2,4 juta, sementara yang diterima hanya 37 ribu. Itu sudah top of the top. Jangan sampai 6 bulan mereka makin bodo. Selamatkan, karena mereka akan menjadi tulang punggung negara di masa mendatang," katanya di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Menyangkut struktur organisasi, Sri Mulyani mengusulkan agar organisasi kementerian tidak selalu sama. "Kalau suatu kementerian hanya butuh empat eselon satu ya jangan dipaksakan lebih dari empat. Tetapi Kalau rentang kendali Kementerian sangat  luas, dan harus membutuhkan  15 eselon satu,  kasih lima belas," ujarnya.
Dalam hal proses bisnis Menkeu mengkritisi masih banyaknya pekerjaan birokrasi pemerintahan yang prosesnya benar, tapi masalahnya tidak selesai. Karena itu ia mengajak seluruh pegawai ASN agar mengubah  mindset menjadi solution oriented.

"Tapi jangan lemah dalam akuntabilitas," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nadional/Kepala BAPPENAS Bambang S.Brojobegoro mengatakan agar semangat dari Kementerian PANRB ini dapat ditularkan  ke seluruh pemerintah daerah.
Bambang juga mengapresiasi terobosan Menteri Asman terkait pembangunan mal pelayanan publik (MPP). "Keberadaan mal pelayanan publik merupakan terobosan yang  sangat baik, tinggal  disinkronkan," ujarnya