Tips Memasak Cumi Agar Empuk Seperti di Rumah Makan Nasi Padang

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:10 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Oalahan masakan cumi, merupakan makanan laut yang digemari oleh para pecinta kuliner. cumi yang enak dikonsumsi yakni cumi yang alot dan tidak keras. Oleh karena itu, bagi Anda penggemar olahan kuliner laut ini, tahu tidak bagaiamana memasak si cumi ini agar tidak keras saat dikonsumsi? Yuk intip tipsnya.

Diterumui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017), Chef William Gozali membeberkan tata cara atau tips agar cumi yang Anda masak tidak alot dan tidak keras.

"Biasanya direndem dulu ke dalam susu. Tujuannya, bikin lebih empuk dan menghilangkan bau amisnya," katanya.

Namun, Ia menjelaskan jika menggunakan susu biayanya mahal, Ia pun memiliki cara lain dengan menggunakan susu dengan takarannya setengah dan dicampur dengan perasan jeruk limau. "Takaran susu dan jeruk limaunya, satu banding satu. kalau mau terlalu asam ya jangan banyak-banyak jeruk limaunya. Terus, susunya yang plain, jangan pakai susu kaleng, nanti keamisan," jelasnya.

William mengungkapkan, resep rahasia bagaimana olahan cumi di Rumah Makan Nasi Padang tidak ada yang ngga alot, semuanya alot. Karena proses masaknya.

"Setelah dicampur, merendamnya ngga harus satu jam, kalu cumi cukup setengah jam saja, sampai membuatnya juice," pungkasnya.