Kisah Sukses Ir. Ciputra Membangun Kerajaan Bisnis Properti Tanpa Modal

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 02 Desember 2017 - 14:27 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ir Ciputra, atau biasa disapa dengan sebutan Pak Ci? Sosok dibalik kesuksesan sebuah grup properti besar di tanah air. Dalam sebuah acara CEO Forum 2017 yang belum lama ini digelar, dirinya menuturkan kilas balik saat memulai bisnis propertinya.

Sang pelopor real estate Indonesia ini mengaku memulai usahanya tanpa modal alias hanya mengandalkan kredit ke bank-bank. Berkali-kali Ciputra menemui Gubernur DKI Jakarta Soemarno dan menawarkan konsep real estate untuk membangun Kota Jakarta.

"Saya minta kredit ke Gubernur DKI dan saya datangi berkali-kali lalu saya pinjam Rp7 miliar," ujar dia. Kegigihan Ciputra tersebut membuahkan hasil dengan menyulap sebuah lahan rawa menjadi pusat rekreasi yang dikenal dengan Taman Impian Jaya Ancol.

Dalam meminjam modal dan menarik investor, Ciputra mengaku menawarkan kejujuran. Modal yang digunakan untuk membangun sebuah proyek tidak akan digunakannya guna mengerjakan proyek lainnya.

"Saya berani pinjam uang tapi saya hanya pakai untuk proyek itu dan saya tidak senang main ke kiri dan ke kanan," tutur dia.

Menurut pria dengan nama asli Tjie Tjin Hoan ini, integritas menjadi salah satu kunci sukses berwirausaha. Bahkan konsep itu juga diterapkannya kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan Ciputra Group.

Hingga kini Ciputra mengklaim belum ada jajaran direksi maupun manajer yang melakukan praktik korupsi dari 130 proyek properti di dalam dan luar negeri yang tengah digarap perusahaannya.

"Anda harus bekerja jujur, integritas penting sekali untuk pengusaha, setiap kata adalah janji dan janji adalah utang. Sampai sekarang belum ada jajaran kita yang korupsi," klaim dia.

Selain memegang teguh integritas, Ciputra juga menerapkan gaya hidup sederhana. Dia berjanji tak akan menggunakan Mercedez sebagai kendaraan pribadi selama para manajer Grup Ciputra juga menggunakan merek serupa.

"Saya tidak mau pakai Mercedes tapi pakai Toyota, kecuali manager saya pakai Mercedes ya saya pakai," tukasnya.

Adapun sejumlah proyek yang berhasil dikembangkan Ciputra di antaranya perumahan Springhill Golf Residences, Royale Springhill Apartment, The Boutique Apartment and Office Park Kemayoran.

Kemudian Perumahan Kedoya Garden, Wesling Apartment, Perumahan Kembangan Baru, Green Court Residences, CREA Resort Office Bali, Kawasan Serpong, Bintaro, Pondok Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Ciputra World II dan sejumlah mal lainnya.

Sementara itu, Ciputra Group uga mengembangkan proyek Ciputra Hanoi International City dan proyek mancanegara lainnya yakni Grang Shenyang International City di Tiongkok dan Grand Phnom Penh International City di Kamboja.