Pemerintah Dukung Pengembangan Teknologi Mobil Listrik e-Power

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 13 November 2017 - 13:07 WIB

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Pemerintah menyatakan mendukung penuh pengembangan tekonologi E – Power yang dikembangkan PT Nissan Motor Indonesia dalam rangka menuju Indonesia era Mobil Listrik.

Demikian yang disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam acara yang bertajuk e-Power : Teknologi Inovatif menuju Indonesia era Mobil Listrik di kawasan ICE BSD , Serpong, Senin (13/11)

 Airlangga menambahkan pemerintah telah mengeluarkan regulasi terkait pengembangan Mobil Listrik sebelum Tekonologi E – Power milik Nissan ini diluncurkan. ” Pemerintah sebelum mencoba e – Power ini sudah mengeluarkan regulasi, ” ujar Airlangga.

Airlangga menilai Teknologi inovatif Nissan E Power ini sudak layak dipakai dan dikembangkan karena mampumenghasilkan emisi yang rendah .  “Teknologi E – Power ini mampu menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah sehingg  layak untuk dikembangkan , dan tentunya pemerintah sangat mendukung, ” tegas Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin didampingi oleh Dirjen IlMATE Kemenperin, Gusti Putu Suryawirawan, dan President Director PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Kotto dan sekaligus melakukan test drive Nissan E – Power.

Dalam kesempatan yang sama , Eiichi Kotto mengutarakan Sistem penggerak motor listrik e-POWER dari Nissan merupakan solusi inovatif untuk mulai memperkenalkan kendaraan bertenaga listrik di Indonesia.

“Nissan menciptakan standar baru dalam pasar kendaraan zero emission melalui kehadiran Nissan LEAF. Teknologi e-POWER akan menjadi jembatan ideal dalam perubahan penggunaan mobil berbahan bakar bensin dan solar menjadi kendaraan listrik seutuhnya. Ini untuk mendukung rencana pemerintah Indonesia terkait elektrifikasi,” paparnya.

Kotto menuturkan E – Power pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2016. “Sistem penggerak elektriknya diadaptasi dari teknologi Nissan LEAF, yang merupakan kendaraan listrik terlaris di dunia,”jelasnya.

Teknologi E- Power, tegasnya,menjadi tonggak penting dalam strategi elektrifikasi di bawah arahan visi Nissan Intelligent Mobility, yaitu upaya perusahaan dalam membawa perubahan bagaimana mobil ditenagai, dikendarai dan dapat terintegrasi dengan lingkungan sekitar.