AmCham Sayangkan Peraturan Yang Batasi Kegiatan Investor Asing di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 02 November 2017 - 16:07 WIB

INDUSTRY co.id -Jakarta, American Chamber of Commerce (AmCham) Indonesia menyelenggarakan pertemuan tahunan US-Indonesia Investment Summit 2017.

Pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah pemimpin perusahaan Amerika dengan pemerintah kabinet kerja ini membahas iklim usaha dan investasi nasional saat ini. 

Presiden AmCham Indonesia Brian Arnold menilai tidak ada yang meragukan potensi ekonomi Indonesia yang sangat besar. Namun, lanjut Arnold, kurangnya kebijakan yang mendukung bisnis membuat Indonesia terkendala untuk merealisasikan potensi tersebut.

"Pemerintah Indonesia kerap menyatakan keinginan untuk menciptakan ekonomi yang terbuka, namun pada kenyataannya masih banyak peraturan-peraturan yang membatasi kegiatan investor asing di Indonesia," kata Brian di Jakarta (2/11/2017).

Selain itu, laporan ini juga menelaah target Indonesia untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia dalam jangka waktu 20 tahun ke depan.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong mengatakan, Presiden Jokowi telah mengekspresikan kebijakan dengan cukup terbuka saat ini. Kebijakan yang baru dibuat, kata dia, akan dirasakan pada enam bulan ke depan.

"Saya harus berbagi, saya khawatir bahwa dalam tanda kutip, kesukseskan atau kestabilan makro kita akan mengarah pada kebijakan buruk. Saya terus terang saja, dalam pembuatan kebijakan ada kajian, kebijakan bekerja pada satu kekurangan," ujar dia.