OJK Siap Minta Komitmen Perbankan Lebih Efisien

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 September 2017 - 06:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Otoritas Jasa Keuangan siap meminta komitmen dari industri perbankan supaya lebih efisien dan kompetitif, agar dalam jangka menengah panjang, tindakan tersebut dapat mempengaruhi penurunan suku bunga deposito dan kredit.

"Kita ukur bukan hanya mengenai transmisi suku bunga deposito dan kredit, tapi agar perbankan juga lebih efisien dan kompetitif kedepan," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) Wimboh Santoso saat melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu (27/9/2017)

Wimboh menjelaskan komitmen dengan industri perbankan dibutuhkan karena sektor ini masih kurang efisien dan mengenakan biaya tinggi dalam kegiatan operasional, sehingga mempengaruhi kenaikan Net Interest Margin (NIM).

Ia menambahkan porsi efisiensi yang akan mengedepankan penggunaan sistem teknologi informasi, untuk mendorong peningkatan pelayanan tersebut, akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi perbankan.

"Masing-masing ada ukurannya tersendiri, tidak harus sama tingkat peningkatan efisiensinya, karena kalau perbankan yang menggunakan teknologi, otomatis akan lebih besar efisiensinya," kata Wimboh.

Meski demikian, Wimboh mengingatkan, bahwa efisiensi yang diminta tersebut bisa memberikan dampak terhadap pengurangan tenaga kerja di sektor perbankan, seperti yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa.

"Implikasi dari penggunaan teknologi ada di tenaga kerja, sama seperti di AS dan Eropa. Ini akan kami 'track' agar tidak menjadi isu nasional," ujarnya. (Ant)