KEK Palu Mendorong Industri Pengolahan dan Bantu Perluas Pasar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 27 September 2017 - 20:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Palu - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kota Palu, Rabu (27/9/2017)  meresmikan pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu ditandai penekanan tombol dan penadatanganan prasasti disaksikan para investor yang sudah berkomitmen menanam modal di KEK ini.

"Saya tidak menyangka kalau KEK Palu menjadi yang pertama diresmikan dari 11 KEK yang sedang dibangun di seluruh Indonesia. Ternyata Gubernur Sulteng paling berani melakukan terobosan sehingga KEK Palu menjadi yang pertama diresmikan," ujar menteri dalam sambutannya.

KEK, kata Darmin Nasution, didesain secara khusus oleh pemerintah pusat untuk kepentingan pembangunan daerah guna mendorong tumbuhnya industri pengolahan dan membantu memperluas pasar sehingga bisa meningkatkan nilai tambah untuk kesejahteraan rakyat.

"KEK ini adalah pemanis bagi calon investor agar mereka mau masuk menanam modal di daerah sehingga berbagai produk strategis di daerah-daerah seperti hasil-hasil pertanian, kehutanan dan kelautan perikanan bisa diolah menjadi produk yang berniai tambah tinggi dan memiliki prospek di pasar global," ujarnya.