Obral Diskon, Matahari Tutup Dua Gerainya Akhir September

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 16 September 2017 - 21:52 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dua gerai Matahari yang berada di Pasaraya Manggarai dan Blok M tutup akhir bulan ini. Alhasil kedua cabang Matahari pun melakukan cuci gudang besar-besaran. PT Matahari Departement Store Tbk memberikan diskon besar-besaran untuk semua produk hingga 75 persen.

"Penutupan ini karena mal yang sepi sehingga mengakibatkan kinerja kedua gerai tersebut tidak sesuai dengan target manajemen,"kata Corporate Secretary dan Legal Director PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo, Sabtu (16/9/2017)

Ia mengatakan, penetapan besaran diskon juga dilakukan setelah proses perundingan dengan para supplier-nya. Sebab kebanyak produk-produk supplier yang ada di Matahari menggunakan sistem konsinyasi.

"Kita kan kebanyakan produknya konsinyasi, kalau terjual baru kita transfer. Ada produk yang direct purchase, kita beli putus itu stoknya kita. Seperti Nevada dan Cole. Tapi kebanyakan konsinyasi. Makanya kita bicara dulu dengan mereka untuk tentukan diskon," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Matahari Department Store memutuskan menutup kedua gerai tersebut lantaran tidak mampu menuai profit. Selama 2 tahun beroperasi, kedua gerai tersebut hanya menuai profit saat momen tertentu seperti Lebaran.

"Biasanya setahun juga sudah kelihatan ini trennya naik, tapi ini sudah 2 tahun masih belum sesuai target, enggak profit. Akhirnya kita cut loss," tukasnya.