Pelindo Jamin Pembangunan Dermaga Ternate Dituntaskan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 September 2017 - 12:36 WIB

INDUSTRY.co.id - Ternate- PT Pelindo Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) berjanji, realisasi pembangunan dermaga Ahmad Yani Ternate akan dituntaskan oleh pihak rekanan pada November 2017.

"Sesuai kesepakatan dan perjanjian pertama mengenai pelaksanaan prasemen atau renovasi dermaga rencananya tuntas akhir September, namun belum dapat terealisasi karena pelabuhan saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan baru sikitar 80 persen," kata Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelindo Ternate, F. E Nitalessy di Ternate, Kamis (7/9/2017)

Selain itu, kondisi cuaca menjadi kendala utama dari pengerjaan prasemen dermaga, sehingga beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan pembuatan adendum atau proses administrasi perjanjian pertama awal dengan pasal-pasal tertentu yang bisa diubah salah satunya jangka waktu pengerjaan pelabuhan.

"Beberapa bulan lalu cuaca tidak memungkinkan, sehingga pengerjaan sering tertunda, dan dengan adanya adendum atau perubahan jangka waktu maka prasemen dermaga Ahmad Yani Ternate direncanakan selesai pada 16 November 2017," kata Nitalessy.

Selain itu, sesuai dengan adendum saat diajukan di Makassar beberapa waktu yang lalu bukan hanya dibuat sepihak, melainkan langsung disaksikan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), sehingga akan menjadi bahan ketika diaudit nanti.

Dia menambahkan, untuk luasan dermaga prasemen tahap kedua sebesar 148 X 25 m atau sekitar 3.000 meter persegi.

Adendum itu dilaksanakan karena adanya jalur untuk CC dengan memikirkan arus kontainer atau daya bongkar muat yang ke depan semakin cepat.

"Sebab jika hanya menggunakan keran kapal itu hanya 8 sampai 10 boks per jam, sementara jika menggunakan CC maka bisa mencapai 25 boks per jam, dengan begitu PT Pelindo telah mengantisipasi untuk bongkar muat kontener kedepan, agar terhindar dari pengantrian pembongkaran dipelabuhan Ternate," katanya.

Rencana jangka panjangnya, pengembangan dermaga ke arah selatan dan timur, namun saat ini hanya baru sebatas prasemen terlebih dahulu, karena untuk dermaga tersebut, sebelum diprasemen luasnya hanya sekitar 148 X 15 m atau hanya diperlebar 10 m.

Prasemen dermaga Ahmad Yani Ternate memakan biaya Rp90 miliar. Diharapkan pembangunannya cepat selesai agar proses bongkar muat atau keberangkatan dapat dilaksanakan dengan nyaman. (Ant)