SP PT Jakarta International Container Terminal Mogok, Pelayanan Kapal Tetap Lancar

Oleh : Wiyanto | Kamis, 03 Agustus 2017 - 13:53 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Jakarta International Container Terminal (JICT) memastikan mogok kerja Serikat Pekerja (SP) JICT 3-10 Agustus 2017 terlihat situasi yang kondusif tidak ada kekacauan dan penumpukan arus barang disana. 

Wakil Direktur Utama JICT Riza Erivan menyatakan, ini bagian dari rencana kontingensi yang sesuai dengan instruksi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI bahwa tidak boleh ada gangguan arus barang dipelabuhan. 

"Kami mengalihkan arus barang ke dermaga-dermaga tetangga seperti dermaga Pelindo II dan TPK Koja sehingga bongkar muat kapal lancar. Katanya lagi. Jadi kalau ada pernyataan arus barang dipelabuhan terganggu atau mati itu tidak benar. Yang benar arus nya di alihkan ke dermaga sekitar, dan layanan terhadap kapal lancar," kata dia di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Ia melanjutkan bahwa mogok kerja pekerja tidak begitu menganggu arus barang karena rencana kontingensi itu didukung semua pihak. 

"Mogok kerja itu hak pekerja,  kita tidak bisa melarang,  yang penting sah sesuai Undang-Undang  dan tidak mengganggu pelabuhan kemanan pelabuhan yang merupakan obvitnas" pungkasnya