IN2MF Digelar di Kuala Lumpur, Giatkan Modest Fashuin Indonesia di Pasar Asia

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 10 Mei 2024 - 22:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bank Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur serta Indonesia Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan acara Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF).

IN2MF digelar yang di Kuala Lumpur, Malaysia, pada tanggal 4 Mei 2024 merupakan bagian dari rangkaian perhelatan IN2MF ke-3 yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober – 4 November 2024 di Jakarta. 

IN2MF di Kuala Lumpur juga menjadi bagian dari kegiatan Festival Indonesia di Malaysia bersinergi dengan KBRI Malaysia untuk mempromosikan produk-produk Indonesia. 

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Imam Hartono menekankan IN2MF untuk menampilkan keunggulan dan keragaman modest fashion Indonesia, termasuk perkembangan terbaru dalam industri modest fashion dan gaya hidup halal Indonesia, ke pasar global. 

IN2MF di Kuala Lumpur menghadirkan keindahan tekstil Indonesia dalam desain modest fashion yang inovatif, stylish, dan berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan tekstil dan budaya Indonesia ke dalam mode, IN2MF di Kuala Lumpur diharapkan dapat menawarkan pengalaman berbeda bagi industri mode global.

"Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, kami berharap IN2MF menjadi upaya tahunan yang berkelanjutan untuk menghadirkan modest fashion yang mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika ke pasar Malaysia, Asia, dan seluruh dunia,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia.

Acara eksklusif ini merupakan ajang promosi kecemerlangan kreatif hasil karya unggulan anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) sektor fashion yang dikurasi oleh Bank Indonesia. 

Melalui perpaduan tekstil tradisional yang bersumber dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, para desainer visioner ini berusaha untuk mendorong modest fashion Indonesia ke panggung global, memanfaatkan daya tarik dan keindahan tekstil tradisional untuk memikat pasar internasional. 

Lebih dari sekadar pameran, acara ini juga sebagai platform dinamis untuk menampilkan kreativitas dan inovasi desainer modest fashion Indonesia guna meraih posisi strategis di pasar Asia dan global. 

Desainer terkemuka yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Dewi Sambi by Uthi Mintiarto yang menampilkan Batik Banten dan Tenun Badui, Haluan Bali yang menggunakan Endek Bali, Hilman Samudera yang memakai Tenun Minang dari Sumatera Barat. 

Ada juga Kasuari Batik yang menggunakan Batik dari Papua, Batik Jambi Berkah x Rifda Rusli by Rifdatul Khoiro, Riki Damanik yang mengangkat Ulos Bintang Maratur dari Sumatera Utara, dan desainer tamu yaitu Kalima dari Malaysia.