7 Pilihan Meja Dapur Sesuai Bahan dan Fungsinya

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Mei 2024 - 16:24 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meja dapur atau countertop adalah elemen penting yang digunakan untuk menaruh makanan serta memudahkan proses memasak. Selain sisi fungsionalitas, countertop juga bisa menunjang estetika dan desain dapur milik Anda.

Countertop dapat dibuat dengan berbagai pilihan material. Setiap material tentu memiliki karakteristik dan tampilan yang berbeda. Agar tidak bingung, mari ikuti informasi lengkapnya di sini!

Jenis-Jenis Meja Dapur sesuai Kebutuhan

Termasuk item penting di ruang dapur, desain meja harus dilakukan dengan baik. Anda juga bisa menerapkan interior yang diinginkan ketika merencanakannya.

Nah, apa saja jenis meja untuk dapur berdasarkan material yang dipilih? Mari simak dan tentukan mana yang paling cocok diterapkan pada dapur Anda!

● Meja dengan Material Marmer

Material marmer memang kerap digunakan pada countertop dapur. Tidak heran, tampilan yang dihasilkan memang sangat mewah dan elegan. Selain itu, marmer juga tidak mudah ketinggalan zaman dan kian populer.

Meski begitu, marmer memerlukan pembersihan yang baik sehingga noda tidak membandel. Selain mewah, marmer juga memberikan suhu yang lebih sejuk secara alami.

● Meja dengan Material Granit

Granit adalah batu alam yang memiliki ketahanan tinggi. Material ini memiliki warna yang cenderung gelap dengan motif bintik yang abstrak. Penggunaan granit menghasilkan tampilan yang ekslusif.

Material ini memang memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Memerlukan sedikit perawatan, material ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dapur Anda.

● Meja dengan Material Beton

Meja beton menghasilkan suasana interior industrial yang kental. Kesan unfinished bisa memberikan tampilan yang modern dan trendi. Desain ini kian populer sekarang ini.

Instalasi meja beton juga cukup praktis. Pembuatan meja memang cukup lama karena beton memakan waktu yang lama hingga kering sepenuhnya.

● Meja dengan Material Keramik

Meja berbahan keramik memiliki daya tahan yang baik serta maintenance yang mudah. Selain itu, material ini juga lebih terjangkau dari batu alam.

Pilihan desain countertop keramik lebih beragam dan mudah disesuaikan. Namun, salah satu yang harus diperhatikan yaitu adanya bagian nat yang terkadang sulit untuk dibersihkan.

● Meja dengan Material Batu Alam

Selain marmer dan granit, terdapat banyak pilihan batu alam yang bisa Anda gunakan. Countertop dengan material batu alam memang memberikan suasana natural yang kental.

Salah satu yang dapat dipilih yaitu batu sabun, dengan karakteristik warna yang gelap dan tampilan yang lembut. Material ini cocok untuk dapur bergaya modern.

Kemudian, pemasangan material untuk countertop bisa dilakukan dengan baik bersama SikaCeram®-150 CA TileFix. Produk perekat keramik ini memiliki daya letak yang sangat baik, cocok diaplikasikan pada lantai dan area kering, serta mudah diaplikasikan dengan menambahkan air.

Selain itu, terdapat juga SikaCeram®-850 Design yang memiliki banyak keunggulan. Mulai dari jarak lebar nat : 2–15 mm, mudah diaplikasikan menggunakan cartridge gun, 2 komponen cartridge ganda berdampingan dengan static mixer nozzle, aplikasi pada lantai dan dinding, tersedia banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, ketahanan yang baik terhadap kimia, workability bagus, dan tahan noda dan Meja Stainless Steel

Stainless steel memberikan tampilan yang lebih modern dan minimalis. Material ini dapat menahan panas dengan baik serta memiliki ketahanan yang lama.

Stainless steel juga mudah dibersihkan. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memotong bahan makanan dan memasak karena meja ini mudah tergores dan cukup bising.

● Meja dengan Material Kayu

Meja kayu juga salah satu yang paling banyak digunakan. Desain meja berbahan kayu mudah disesuaikan serta menghasilkan interior yang hangat dan klasik.

Jika dirawat dengan baik, meja ini dapat bertahan dalam waktu yang lama. Anda juga bisa sesekali memberi lapisan pelindung ulang pada meja.

Jenis meja di atas bisa Anda jadikan pilihan untuk memaksimalkan desain dapur. Nah, mana jenis dan material meja yang Anda pilih?

Tips Memilih Meja Dapur yang Tepat

Masih memerlukan pertimbangan lebih? Tenang saja, berikut kami rangkum beberapa tips penting untuk memilih meja yang tepat!

● Sesuaikan Ruang Dapur

Countertop haruslah disesuaikan dengan dapur yang Anda miliki. Pastikan untuk mengukur luas ruang dan kebutuhan meja yang mencukupi. Meja yang kecil bisa menyulitkan proses memasak.

● Pilih Desain yang Cocok

Anda tentu memiliki gaya interior yang diterapkan pada dapur. Hal ini bisa membantu menemukan desain yang cocok. Sebagai contoh, material granit atau marmer cocok diterapkan dalam gaya modern.

● Pilih Material yang Mudah Dibersihkan

Dapur adalah ruang dengan aktivitas tinggi dan digunakan oleh semua anggota keluarga. Oleh karena itu, area ini rawan terkena noda. Anda bisa memilih material yang mudah dibersihkan.

● Pilih Bahan yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan, terdapat banyak pilihan material yang bisa Anda pilih. Oleh karena itu, sangat penting menentukan bahan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan suhu ruang, gaya interior, dan sebagainya.

● Sesuaikan dengan Anggaran

Setiap materi memiliki harga yang berbeda. Anda bisa memilih jenis meja dengan anggaran yang sesuai. Hal ini penting agar proses instalasi berjalan lancar.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi acuan dalam memilih meja untuk dapur. Dengan pertimbangan yang matang, Anda pun bisa memiliki meja yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Berbagai jenis material memiliki karakteristiknya tersendiri dan dapat Anda sesuaikan dengan gaya yang diinginkan. Merupakan elemen penting pada dapur, countertop memang seharusnya dipilih dengan material yang berkualitas.

Apapun material yang Anda pilih, produk perekat Sika bisa mendukung pemasangan dengan baik. Sika memiliki pengalaman selama 113 tahun dalam menangani project global, seperti MRT di Indonesia. Selain itu, Sika juga pertama kali mencetuskan waterproofing semen di Indonesia.

Desain meja dapur harus direncanakan dengan baik. Bersama produk Sika, pemasangan countertop pun bisa dilakukan dengan maksimal.