Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Oleh : Wiyanto | Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Apa kata perbankan syariah?

Setidaknya keputusan MK bisa membawa aura positif ke perbankan syariah karena sudah ada kepastian pemenang Pilpres 2024.

"Pemilu yang damai serta pasca keputusan MK yang damai tentunya akan membawa dampak positif bagi perekonomian domestik Indonesia. Sebab perekonomian yang positif akan seiiring dengan pertumbuhan industri perbankan," kata Direktur BCA Syariah Pranata kepada Industry.co.id di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Satu sisi positif, ada hal di luar Pilpres terutama kawasan regional yang patut diwaspadai oleh perbankan syariah.

"Namun demikian, kondisi positif ini disertai tekanan akan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang terkoreksi cukup dalam seiiring dengan adanya gejolak geopolitik yang diakibatkan memanasnya hubungan Israel dan Iran yang tentunya dampaknya dapat meluas," kata dia.

Maka ia berharap ini ini tidak menjadi hal negatif ke dunia usaha

" Hal ini tentunya dikhawatirkan akan menimbulkan ketidakstabilan yang akan berdampak kepada dunia usaha baik domestik maupun internasional.," Jelasnya.