Manjakan Konsumen, Genesis Generasi Baru Dilengkapi Sistem Infotainment WebOS

Oleh : Candra Mata | Selasa, 26 Maret 2024 - 21:38 WIB

INDUSTRY.co.id - Genesis generasi terbaru, brand mobil mewah dari Hyundai, kini dilengkapi dengan sistem infotainment yang memanfaatkan webOS for automotive dari LG.

Dengan sistem infotainment ini, penumpang yang duduk di depan maupun belakang mobil dapat menonton berbagai video pada layar yang terpasang di dalam mobil.  Layar ini menampilkan gambar high-definition dengan kualitas yang sama seperti menonton video pada smartphone atau TV di rumah.

Dirancang sesuai dengan aturan keselamatan berkendara, sistem ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video di dalam mobil dengan kualitas suara yang jernih dan imersif.

Bahkan untuk memanjakan konsumen, LG dan Hyundai juga menggandeng YouTube. Peresmian kemitraan tersebut berlangsung  di Los Angeles, Amerika Serikat pada 31 Oktober tahun 2023 lalu.

Kemitraan ini menandai peluncuran pertama LG di bidang automotive content platform. LG mengembangkan webOS for Automotive guna menghadirkan pengalaman dan layanan berkendara yang unik.

WebOS for Automotive merupakan sistem terbaru untuk mobil dan dikembangkan dari sistem webOS terdahulu yang sudah populer dan terpasang dalam Smart TV yang telah terjual hingga 200 juta unit. Dengan sistem ini pengemudi dan penumpang dapat menikmati beragam layanan over-the-top (OTT) seperti YouTube di dalam mobil.

LG, Hyundai, dan YouTube juga bermitra untuk menghadirkan aplikasi YouTube bawaan ke dalam webOS for Automotive dalam rangka memberikan pengalaman menonton di dalam kendaraan yang lebih optimal.  Aplikasi YouTube ini dapat dioperasikan dengan mudah melalui layar sentuh webOS for Automotive yang ada dalam mobil.

Kwon Hae-young, Vice President of the Infotainment Development Center at Hyundai Motor Group mengatakan, dengan webOS for Automotive, pelanggan dapat menikmati berbagai konten video dengan kualitas gambar yang sama seperti menonton TV di rumah.

WebOS for Automotive mengubah pengalaman berkendara dan meningkatkan nilai tambah saat melakukan perjalanan dengan menciptakan ruang TV yang nyaman di dalam mobil.

“Berkat perkembangan teknologi berbasis SDV, pelanggan kini dapat menonton video dengan nyaman di dalam mobil. Kami akan terus memperluas kemitraan kami dengan berbagai perusahaan konten global untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih beragam dan berharga bagi pelanggan,” ungkap Kwon Hae-young.

Eun Seok-hyun, President of LG Vehicle Component Solutions Company mengungkapkan, sebelum bermitra dengan Hyundai, pihaknya telah melakukan serangkaian upaya terkait pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan pelanggan.

Pada ajang  IAA Mobility 2023 di Munich, Jerman pada bulan September lalu, misalnya, LG telah melakukan sosialisasi. 

Pada kesempatan itu CEO LG William Cho melakukan presentasi berjudul "Taking Life's Good on the Road". William membahas perspektif dan visi perusahaan dalam mengembangkan industri mobilitas di masa depan.

“LG berkomitmen untuk menghadirkan solusi kendaraan canggih, termasuk webOS for Automotive. Kami berupaya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, baik untuk pengemudi maupun penumpang, serta memenuhi beragam permintaan produsen mobil,” ujar Eun Seok-hyun.

Tony Archibong, Managing Director of Global Product Partnerships at YouTube menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan berbagai konten audio dan video yang telah dioptimalkan untuk dimainkan dalam mobil.

"Kami bangga menjadi bagian dari kolaborasi ini guna membawa inovasi baru dalam menciptakan pengalaman infotainment dalam mobil yang lebih mutakhir.” katanya.