Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Siap Gelontorkan KUR ke UMKM Rp300 Miliar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 30 Mei 2023 - 12:02 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibantu pembiayaan oleh pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Akses KUR tersebar salah satunya lewat Pegadaian.

Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 punya target penyaluran KUR hingga akhir 2023 sebanyak Rp300 miliar. Hingga kini sudah mencapai 15 persen atau sekitar Rp56 miliar.

"Kita KUR syariah tanpa jaminan, tapi diberikan kepada yang benar-benar yang punya usaha," kata Kepala Kanwil VIII Jakarta 1 PT Pegadaian, Alim Sutiono, di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Dia menjelaskan strategi memasarkan KUR ke masyarakat dengan turun ke masyarakat langsung. Tim turun ke Kelurahan bahkan sampai RT/RW untuk mengejar UMKM yang membutuhkan pembiayaan KUR.

"Sosialisasi lewat media, kemudian sampai ke RT dengan mengerahkan 55 cabang yang berada di wilayah kami, Jakarta, Bekasi, Karawang," jelas dia.

Untuk target KUR yang Rp300 miliar, ia optimis dengan strategi itu dapat tercapai. Dalam sehari, sambung dia pencairan KUR bisa sebesar Rp2 miliar per hari.

"Insyaallah akan tercapai akhir tahun, Bulan November lah bisa tercapai target tersebut," katanya.

Lalu, KUR yang diberikan, lanjut dia sudah diberikan kepada 22 ribu UMKM dari target 40 ribu yang akan diberikan KUR.

"Pegadaian itu saat memberikan kredit punya tiga hal yang melekat yaitu Pendamping, pembiayaan dan pemasaran. Jadi UMKM kita bina sampai bisa memasarkan produknya, hingga bisa naik kelas," katanya.