Agenda Menperin Agus di AS, Hadiri Undangan IPEF hingga Bertemu Mendag Kanada dan AS

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Mei 2023 - 10:57 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri undangan Forum Indo-Pasific Economic Framework (IPEF) yang digelar di Kota Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut terungkap dari keterangannya yang dibagikan melalui akun Instagram @agusgumiwangk.

"Pekan ini, saya diundang untuk hadir dalam forum Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) di Detroit Michigan," terang Menperin Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (29/5/2023).

Menurutnya, sejak diluncurkan pada tahun 2021, IPEF merupakan sebuah economic framework yang inklusif dan diharapkan mampu mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang terbuka dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

IPEF sendiri berfokus pada empat pilar, yaitu Perdagangan, Supply Chain, Ekonomi Bersih (Hijau) dan Pajak. 

"Dalam framework tersebut Indonesia terlibat aktif dalam keempat pilat tersebut. Indonesia akan mendapatkan manfaat besar dengan bergabung sebagai partner/ participating countriy dalam IPEF," jelas Menperin.

Dalam lawatannya ke AS, selain menghadiri pertemuan IPEF, Menperin bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menggelar sejumlah pertemuan bilateral setingkat Menteri.

Diantaranya melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan AS dan Menteri Pergadangan Kanada.

"Selain aktif dalam forum, saya bersama Menkoperekonomian, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Ibu Mary Ng. Menteri Perdagangan International Kanada dan Ibu Gina Raimondo, Menteri Perdagangan Amerika Serikat," ujqr Menperin.

"Dalam pertemuan kita sepakat untuk memperkuat jejaring supply chain khususnya untuk industri-industri yang kritikal seperti Semi Konduktor dan pengembangan ekosistem electric vehicle di Indonesia," tandasnya.