Pendapatan ESSA Anjlok Sebesar 45% di Kuartal Pertama Tahun 2023, Ini Penyebabnya

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Mei 2023 - 13:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA), perusahaan publik yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak mencatatkan pendapatan sebesar USD 87,8 juta, turun 45% YoY dan EBITDA sebesar USD 22,5 juta, turun 67% YoY pada laporan kuartal pertama Tahun 2023. 

Pendapatan yang lebih rendah terutama disebabkan oleh harga komoditas yang lebih rendah serta penutupan dan pemeliharaan terjadwal pabrik Amoniak yang selama 3 minggu. 

"Pabrik Amoniak telah beroperasi dengan produktivitas yang optimal dan efisien setelah berhasil menyelesaikan kegiatan pemeliharaannya," ungkap Shinta D.U. Siringoringo selaku Sekretaris Perusahaan dalam keterangannya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (2/5/2023).

Harga Amoniak global melemah pada 1Q23, terutama pada Bulan Maret seiring harga energi global yang kembali normal, sementara jumlah permintaan masih dalam pemulihan secara bertahap.

Selanjutnya, dengan dibukanya kembali China setelah Covid-19, membaiknya permintaan di sektor pupuk dan Eropa tetap berada di bawah tekanan harga gas yang tinggi, ESSA memperkirakan harga Amoniak akan kembali normal ke tingkat yang lebih sehat pada paruh kedua tahun ini.

Sehubungan dengan progress Proyek Blue Ammonia, ESSA dengan dukungan dari JOGMEC (Japan Oil, Gas, and Metals National Corporation), Mitsubishi Corporation, Pertamina, dan LAPI ITB telah menyelesaikan Tahap 1 studi carbon capture dan sequestration. 

Saat ini Tahap 2 studi kelayakan sedang berlangsung. Proyek ini akan menjadi tonggak penting bagi ESSA karena bertujuan untuk menjadi perusahaan pertama di Asia Tenggara yang memproduksi Blue Ammonia di tahun-tahun mendatang.