202 Inventaris Sejarah Indonesia Masih Terawat Baik

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Juli 2017 - 18:49 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia memang negara yang kaya akan budaya, suku, adat istiadat, pariwisata, semua itu sudah menjadi warna bagi Indonesia.

Dari warisan tersebut, perlu cara untuk merawat, mengembangkan serta memanfaatkannya menjadi hal yang positif bagi Nusantara. 

Atas kecintaannya terhadap budaya, sejarah dan pariwisata Nusantara, Silarturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara (Silatnas) ke-V yang diselenggarakan Forum Raja,  Sultan, Datu yang akan diselenhgarakan di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta pada 27 hingga 30 Juli 2017 

"Kami menghitung sudah ada 732 bukti inventaris sejarah, terhitung sejak abad pertama hingga abad ke 18," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

Sejak penelitian tahun 2012 yang masih lengkap inventarisnya hanya 202 Selain itu Silatnas Raja dan Sultan Nusantara  juga mempunyai komitmen, salah satunya yakni dengan meningkatkan pengajaran tentang sejarah ditinggak SD, SMP dan SMA.

“Kami bukan ingin menjadi penguasa, tetapi kami hanya ingin menjadi penerus warisan adat dan budaya di Indonesia," pungkasnya, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom.