Ini Respon Menparekraf Sandiaga Uno Terkait Kekacauan Konser Dewa 19

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 Februari 2023 - 11:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno angkat bicara terkait kekacauan arus lalu lintas usai bubaran konser Dewa 19.

"Kami sedang mengumpulkan informasi, ada keluhan soal parkir dan interconectivity," kata Menteri Sandi saat The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta (6/2).

Menurut Sandi, pihaknya tidak terlibat langsung pada gelaran konser bertajuk “Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19”. 

"Kali ini kami tidak terlibat langsung, akan tetapi kami proaktif untuk menanggapi keluhan yang disampaikan," terangnya.

Dijelaskan Menteri Sandi, Kemenparekraf telah memiliki standar baku untuk penyelenggaraan kegiatan event yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Sejumlah standar tersebut berkaitan dengan crowd control, early warning system, crowd flow, drop off, parking.

“Ini kita harapkan bisa lebih melibatkan kita, saya sama Mas Dhani (punggawa Dewa 19) sangat dekat hubungannya," tutur Sandi.

Menurut Menparekraf, dirinya diumdang untuk menyaksikan secara langsung konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19. 

"Saya juga diundang, tapi karena ada tugas di ATF (ASEAN Tourism Forum) 2023, saya tak bisa hadir secara langsung, hanya melihat dari beberapa tayangan postingan dari rekan-rekan,” paparnya.

Dirinya juga memastikan, telah menetapkan standar yang ketat untuk penyelenggaraan berbagai event, termasuk konser musik. Baik dari segi keamanan hingga kenyamanan. 

“Jadi ini kita harapkan juga nanti bisa lebih melibatkan kita. Saya ingin ke depan agar venue JIS ini yang memang sangat luar biasa, daya tampungnya sangat tinggi, bisa dikelola dengan lebih terintegrasi sehingga para penikmat konser ini tentunya akan lebih banyak mendapat kemudahan - kemudahan saat konser di JIS maupun venue lainnya," tutup Sandi.