Indofood Catat Kenaikan Laba Usaha Sebesar 8 Persen Menjadi Rp9,55 Triliun

Oleh : Hariyanto | Jumat, 02 Desember 2022 - 10:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP atau Perseroan) mengumumkan kinerja keuangan untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2022 Perseroan membukukan kenaikan penjualan neto konsolidasi sebesar 15% menjadi Rp48,91 trliun dibandingkan Rp42,62 triliun periode yang sama tahun lalu.

"ICBP mencatatkan kenaikan laba usaha sebesar 8% menjadi Rp9,55 tiliun dari Rp8,82 triliun dengan marin laba usaha yang sehat sebesar 19,5%," kata Anthoni Salim, Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (2/12/2022).

"Dengan tidak memperhitungkan akun non-recuring dan selisih kurs, core profit yang mencerminkan kinerja operasional relatif stabil di kisaran Rp5,15 triliun dari Rp5,17 triliun pada periode yang sama tahun lalu," lanjutnya.

Anthoni Salim mengungkapkan bahwa dengan senantiasa fokus untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan volume penjualan dan profitabilitas, ICBP mampu mempertahankan kinerja yang positif pada periode sembilan bulan tahun 2022. 

"Total nilai penjualan dan laba usaha tumbuh masing-masing sebesar 15% dan 8% di tengah melambatnya perekonomian global dan kondisi berbagai biaya yang fluktuatif. Kami akan terus berupaya mejalankan strategi dengan baik serta beradaptasi dengan cepat untuk menghadapi berbagai tantangan," pungkasnya.

ICBP merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek dengan kegiatan usaha yang terdiversifikasi, antara lain mi instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, serta minuman. Selain itu, ICBP juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi kemasan fleksibel maupun katon.

Perseroan menawarkan berbagai pilihan produk solusi sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan segmen pasar, melalui lebih dari 30 merek produknya. 

Kegiatan operasional perseroan didukung oleh lebih dari 60 pabrik yang tersebar di berbagai wilayah utama di Indonesia. Sebagian besar produk-produk ICBP tersedia, baik di Outlet ritel modern maupun tradisional di segala penjuru nusantara yang didukung oleh jaingan distribusi Indofood yang ekstensif di Indonesia.

Selain di Indonesia, ICBP juga mengekspor produk-produknya ke berbagai negara di dunia. Sebagai bagian dari strategi pengembangan kegiatan usahanya, ICBP mengakuisisi Pinehill Company Limited, produsen mi instan yang memiliki lebih dari 20 pabrik berlokasi di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara yang menempatkan ICBP sebagai salah satu produsen mi instan terbesar di dunia dengan pangsa pasar yang kuat secara global.