Keren! Erick Thohir Bikin Petambak Garam di Madura 'Happy'

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 Juni 2022 - 14:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Para petambak garam di Madura Jawa Timur maupun Indonesia mendapat angin segar setelah Menteri BUMN Erick Thohir menyarakan komitmennya untuk membangun ekosistem industri garam.

Menteri Erick melihat industri garam memerlukan ekosistem yang dapat menunjang ekonomi masyarakat dan petambak di Madura Raya

Ia menjelaskan, ekosistem yang dibentuk harus bisa saling menguntungkan satu sama lain. Maka dari itu, langkah yang bakal ditempuh adalah melalui konsolidasi dengan berbagai pihak termasuk Kadin, pemerintah daerah, BUMN, pemerintah pusat dan para petambak Garam Madura.

"Saya bilang ayo kita duduk sama-sama, antara petani, pengusaha, dengan PT garam. Apa kerja sama yang bisa kita lakukan agar bisa terbentuk ekosistem ini,” tutur Erick Thohir di Jakarta (21/6/2022).

Dia mengaku optimis dengan terbentuknya ekosistem tersebut, perekonomian di Madura Raya bakal meningkat.

Salah satu di antaranya adalah dengan memberikan pendampingan dan pembukaan akses pasar untuk para petani garam.

"Di dalam ekosistem nanti harus dibentuk mulai dari pendanaan, pendampingan hingga pembukaan akses pasar untuk petani garam. Insya allah langkah ini bisa membuat kesejahteraan petani garam meningkat,” terang Erick Thohir yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).