Lomba Tembak Pistol Semarakkan HUT ke 4 Pasmar 3 Sorong Papua Barat

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Mei 2022 - 04:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Sorong- Petembak dari TNI-Polri, Perbakin Sorong, BUMN dan beberapa instansi maupun Shooting Club di Sorong, Papua Barat turut mengikuti lomba menembak pistol yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Ke-4 Pasmar 3 tahun 2022. Lomba tembak ini berlangsung di lapangan tembak pistol Marine Shooting Range yang berada di dalam Kesatrian Agoes Soebekti Mako Pasmar 3 Jl. Sorong-Klamono Km.16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Sabtu (14/05/2022).

Ajang kompetisi lomba menembak yang pertama kali diselenggarakan oleh Korps Marinir di Papua ini dibagi menjadi 3 kategori yakni beregu TNI-Polri, perorangan TNI-Polri dan perorangan sipil, dimana setiap petembak dibekali amunisi sebanyak 20 butir untuk menyelesaikan materi lomba tembak eksekutif. Adapun materi lomba tembak eksekutif tersebut adalah menyelesaikan sasaran tembak Ring dalam waktu 3 menit, selanjutnya setiap petembak juga harus dapat menyelesaikan sasaran tembak berupa 2 buah plat baja serta sasaran Silhoute dalam waktu 63 detik saja.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk menguji keterampilan dan ketangkasan bagi para atlet olahraga menembak yang berada di satuan-satuan TNI-Polri serta sebagai ajang silaturahmi bagi sesama atlet menembak yang berada di lingkungan masyarakat di wilayah Sorong, Papua Barat,” begitu penjelasan Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Nanang Saefulloh, S.E yang mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E. Selain itu, Wadan Pasmar 3 juga menyampaikan kepada seluruh peserta lomba menembak agar selalu memperhatikan faktor keamanan (Zero Accident) dengan selalu mengikuti petunjuk dan instruksi yang diberikan oleh Ring Officer dalam lomba menembak. Demikian informasi dan Dispen Kormar.

Dari catatan tim penilai lomba tembak tersebut, Tim menembak Yonif RK 762/VYS berhasil meraih juara umum dalam kategori beregu TNI-Polri, yakni juara l diraih Tim B dengan nilai 550, dan juara ll diraih Tim A dengan nilai 529 serta juara lll diraih Tim C dengan nilai 525. Sementara pada kategori perorangan TNI-Polri, juara l diraih oleh Letda Mar Iriady Windi Losa dari Menbanpur 3 Marinir dengan nilai 188, juara ll diraih oleh Kapten Mar Setiawan dari Menart 3 Marinir dengan nilai 186, serta juara lll diraih oleh Letda Mar Fernando dari Yontaifib 3 Marinir dengan nilai 186.

Sedangkan pada kategori kelompok sipil perorangan berhasil meraih juara l adalah Bapak Agus dari Marine Shooting Club dengan perolehan nilai 144, pada posisi juara ll diraih oleh Bapak Sani dari Marine Shooting Club dengan nilai 142, dan juara lll diraih oleh Bapak Wahyudi dari Bea Cukai Sorong dengan nilai 127. Dalam kejuaraan lomba tembak ini juga dihadiri oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Khatiandago, S.E.,M.M., para Asisten Pangkoaramda III, para Asisten Danpasmar 3 dan segenap pejabat TNI-Polri lainnya.