Jumlah Pengguna Olx Meningkat 15 Persen Sejak Februari 2017

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Juni 2017 - 10:11 WIB

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Sejak Olx meluncurkan tampilan baru, Februari 2017, jumlah pengguna Olx terus meningkat. Saat ini terdapat 23 juta pengguna aktif setiap bulannya, dengan peningkatan sebesar 15% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan ini didominasi oleh pengguna  dengan akses melalui aplikasi Android dengan jumlah mencapai 1,1 juta pengguna setiap hari.

“Keputusan yang kami buat untuk mengubah tampilan Olx memberikan dampak positif pada kenaikan jumlah pengguna. Apalagi, di antara pengguna baru tersebut, kami melihat adanya kenaikan jumlah pengguna perempuan dan anak muda, seperti yang kami inginkan,” ujar Chief Operation Officer (COO) Olx Indonesia, Doan Lingga di Jakarta, Jumat (16/6/2017)

Pencapaian positif tersebut didukung oleh semakin populernya barang bekas sebagai alternatif pilihan oleh masyarakat. Doan mengatakan bahwa jual-beli barang bekas juga dapat memberikan dampak positif dari segi lingkungan.

Pada bulan Ramadan tahun ini, aktivitas jual-beli di Olx sudah mulai terlihat pada H-30 sebelum Lebaran, yaitu sejak awal Bulan Ramadan. Hal ini terlihat sangat jelas pada Kategori Fashion dan Mobil. Sementara itu, pada Kategori Elektronik dan Gadget, geliat yang sama umumnya terlihat pada H-15 Lebaran.

Transaksi selama Ramadan ini, diprediksi akan melambat pada hari kelima jelang Lebaran. Namun demikian, data Olx mencatat bahwa khusus Kategori Lowongan dan Jasa, transaksi akan kembali meningkat dengan cepat, lima hari setelah Lebaran.

Hal ini terjadi karena banyak orang yang mencari pekerjaan di sektor informal, seperti sopir, pembantu rumah tangga, atau pegawai toko.

“Lewat berbagai inisiatif yang telah dijalankan ini, Olx berharap pengguna maupun masyarakat secara umum tidak hanya melihat jual-beli barang bekas sebagai sebuah transaksi yang menghasilkan uang belaka, namun juga sebuah transaksi atau pertukaran yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain,” kata Chief Marketing Officer (CMO) Olx Indonesia, Edward Kilian.