Dompet Dhuafa Bersama Maybank Hadirkan Sumur Bor Di Timor Tengah Selatan Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 April 2022 - 11:25 WIB

INDUSTRY.co.id - NTT – Desa Ello masuk di Kecamatan Fatukopa Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Seperti pada umumnya Desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, musim kemarau terjadi lebih panjang dari musim penghujan.

Musim kemarau rata-rata sepanjang 7 bulan, mulai bulan April sampai Oktober. Jenis tanah di Ello merupakan tanah berbatu karang sehingga saat musim kemarau akan sangat panas. Untuk memenuhi kebutuhan air, masyarakat mengambil air dari sungai atau kali yang airnya keruh.

Demi memenuhi kebutuhan air minum dan kebutuhan memasak warga membeli air tangki dengan harga Rp 300.000,- per tangki ukuran 2500 liter. Namun tentu biaya ini berat bagi sebagian besar warga di Ello, dengan kondisi ekonomi yang kurang.

Dompet Dhuafa dan Maybank berusaha melakukan pembuatan sumur bor dalam di Dusun Enoana Desa Ello Kecamatan Fatukopa. Pembangunan sumur bor dalam di Desa Ello ini menjumpai banyak tantangan di saat pembangunannya, terlebih dengan kondisi musim penghujan yang tak kunjung henti di wilayah ini sejak bulan Desember sampai dengan Februari.

Sumur Bor Dalam yang termasuk dalam Program Air untuk Kehidupan Dompet Dhuafa,  ini diresmikan pada tanggal 28 Maret 2022 lalu.

"ini sama-sama digunakan untuk seluruh warga, kami hanya mendoakan semoga kami mendapatkan pahala kebaikan, karena itu yang sangat diharapkan dari para donatur. mohon doanya untuk beliau-beliau smuanya diberikan keberkahan hidup dan kebaikan dari apa yang sudah diberikan" kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa NTT, Sriyati yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (21/4/2022).

Adanya sumur bor dan penampungan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh kurang lebih 230 KK (Kepala Keluarga) sekitar 500 jiwa yang dibagi dalam 2 Dusun.

“Untuk Maybank Syariah dan Dompet Dhuafa yang sudah rela mengorbankan sebagian rejekinya Minallah untuk kampung ini untuk daerah ini, saya mewakili mewakili seluruh warga untuk bantuan sumur bor dan penampungan air yang diberikan mengucapkan semoga kebaikan para ahsin atau muhsinin mendapat ganjaran atau pahala dari Allah SWT. Dari sini debit airnya besar dan rasanya tidak antah walaupun baru 1 bulan tapi rasanya bagus, jernih dan debitnya dipermukaan 28", ungkap Syamsudin Metboki, Kepala Desa Ello.