Teken Komitmen Investasi Capai USD 728 Juta, Adaro Bakal Bangun Smelter Aluminium di Kawasan Industri Hijau

Oleh : Ridwan | Senin, 04 April 2022 - 09:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) melalui PT Adaro Aluminium Indonesia menandatangani Surat Pernyataan Maksud Investasi (Letter of Intention to Invest) sebesar USD728 juta.

Investasi tersebut untuk pembangunan aluminium smelter di Kawasan Industri Hijau Indonesia terbesar dunia, yang sedang digarap oleh PT Kalimantan Industrial Park Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Presiden Direktur Adaro Ario Rachmat pada 21 Desember 2021 di Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara yang turut disaksikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Melalui investasi ini, Adaro berharap dapat membantu mengurangi impor aluminium, memberikan proses dan nilai tambah terhadap alumina serta meningkatkan penerimaan pajak negara," kata Ario dalam keterangan resminya, Minggu (3/4).

Sejalan dengan komitmen Adaro untuk melakukan transformasi bisnis melalui green initiative jangka panjang, ia menambahkan, maka Adaro melakukan investasi untuk membangun aluminium smelter guna mendukung program hilirisasi industri yang dicanangkan pemerintah.

"Adaro juga berharap keberadaan industri aluminium di Kalimantan Utara ini dapat mendatangkan banyak investasi lanjutan dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, PT Adaro Energy Indonesia membangun kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. Melalui Adaro Minerals, perusahaan tersebut membangun industri pengolahan aluminium dan bahan lain yang diperlukan kendaraan listrik.