Berkat Tangan Dingin Menteri Bahlil, Investasi Mangkrak Lotte Senilai Rp60 Triliun Akhirnya Berjalan

Oleh : Ridwan | Kamis, 17 Februari 2022 - 09:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan kabar baik mengenai rencana investasi Lotte di sektor petrochemical. 

Dikatakan Bahlil, rencana pembangunan pabrik di Cilegon ini sudah mangkrak 6 tahun dan akhirnya akan berjalan di tahun ini.

"Di Cilegon ada Lotte, ini 6 tahun investasi mangkrak dengan nilai Rp 60 triliun untuk membuat industri petrochemical," kata Bahlil Lahadalia, dalam acara Penghargaan Capaian Realisasi Investasi Tahun 2021 kepada Kepala Daerah, Jakarta (16/2/2022).

Masalah investasi mangkrak ini baru bisa diselesaikan setelah dirinya turun tangan menyelesaikan sengkarut permasalahan yang tak kunjung usai sejak 2016.

Kepada investor asal Korea Selatan tersebut, Bahlil meminta Lotte untuk berkolaborasi dengan UMKM yang ada di Cilegon. 

Dia tidak ingin perusahaan besar tersebut bekerja sama dengan pengusaha asal Cilegon tetapi ada di Jakarta.

"Wajib kolaborasi dengan orang Cilegon yang ada di Cilegon. Bukan orang Cilegon yang ada di Jakarta," ungkapnya.

Adanya kolaborasi tersebut bertujuan agar muncul pengusaha-pengusaha baru dari daerah. Sehingga kue ekonomi yang dibangun bisa dirasakan semua masyarakat. Dalam artian, tidak dikuasai pengusaha tertentu yang sudah sukses dengan bisnisnya.

"Tidak bisa lagi kue ekonomi ini dikuasai sekelompok orang. Oleh karena itu kita bagi agar ada pemerataan dengan kolaborasi dengan UMKM," tuturnya.