Perusahaan Ekspedisi Sicepat Kembali Menambah Kepemilikan Saham di PT Digital Mediatama Maxima Tbk

Oleh : Kormen Barus | Senin, 25 Oktober 2021 - 05:35 WIB

Transaksi pembelian saham DMMX oleh SiCepat berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan diharga Rp2.330,- per saham. SiCepat mengalokasikan dana sebesar 15,97 milyar rupiah untuk menambah kepemilikan tersebut.
Transaksi pembelian saham DMMX oleh SiCepat berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan diharga Rp2.330,- per saham. SiCepat mengalokasikan dana sebesar 15,97 milyar rupiah untuk menambah kepemilikan tersebut.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Perusahaan jasa penyedia platform media digital, PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) mendirikan anak usaha baru yang bergerak di bidang Jasa penyedia platform media digital bernama PT DMMX Dektos Inti pada 11 Oktober 2021.


Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama perseroan Budiasto Kusuma melalui keterbukaan informasinya kepada regulator, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu lalu.

Perseroan menyampaikan, kepemilikannya atas anak usaha baru ini mencapai sebesar 46 persen atau sebanyak 6.900 lembar saham senilai Rp 690 juta.


Perseroan tidak menjelaskan siapa pemegang saham lainnya atas anak usaha baru ini. Namun, perseroan menegaskan bahwa tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, kondisi keuangan dan kelangsungan usaha perseroan.

"Transaksi ini berguna untuk menunjang kegiatan usaha utama kami," kata Budiasto.

DMMX didirikan pada tanggal 15 September 2015. Pada tanggal 12 Februari 2019, Perusahaan melakukan perubahan nama dari sebelumnya PT. Digital Marketing Solution menjadi PT. Digital Mediatama Maxima. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pemasaran perdagangan digital dan platform pertukaran iklan cloud yang menyediakan layanan ujung ke ujung mulai dari manajemen konten, iklan terprogram hingga program akuisisi penjualan.

Dan saat ini, Perusahaan Ekspedisi PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat menambah kepemilikan sahamnya dari semula 5.96% menjadi 6.05% atau sama dengan 6.831.300 lembar saham.

Transaksi pembelian saham DMMX oleh SiCepat berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan diharga Rp2.330,- per saham. SiCepat mengalokasikan dana sebesar 15,97 milyar rupiah untuk menambah kepemilikan tersebut.

Chief Executive Officer SiCepat Ekspres, The Kim Hai mengatakan bahwa dengan kembali menggeliatnya ekonomi seiring dengan semakin menurun kasus terinfeksi COVID-19 secara nasional maka diperlukan sinergi yang semakin erat dengan mitra bisnis seperti DMMX.

“DMMX dengan jaringan distribusi POP (Point of Present) sekitar 100 ribu yang terdiiri dari toko tradisional, modern retail dan sarana transportasi merupakan sinergi yang menguntungkan bagi SiCepat untuk mengembangkan jaringan drop-point dan pick-up point. Ekspansi jaringan DC (Distribution Center) berupa warehouse dan titik-titik pool kendaraan juga dapat dialokasikan dengan lebih akurat karena sudah adanya last mile point dengan bersinergi dengan DMMX”, tambah The Kim Hai.

Di sisi lain, SiCepat juga akan meluncurkan bisnis baru untuk kendaraan bertenaga listrik (motor listrik) dan stasiun pengisian baterai bagi pengguna kendaaran listrik dalam waktu dekat ini. Ketersediaan tempat untuk stasiun pengisian baterai menjadi sangat penting dalam bisnis ini dan untuk dalam waktu cepat dapat mengakuisisi POP dalam jumlah masif maka diperlukan sinergi dengan mitra seperti DMMX.

Sinergi ini menambah potensi bisnis dan efek ekonomi dari kedua belah pihak. Melalui sinergi ini, maka para mitra DMMX yang tergabung dalam jaringan distribusi kami akan mendapat pendapatan baru sebagai agen drop-point dan pick-up center dari SiCepat dan untuk stasiun pengisian baterai maka merupakan tambahan ads inventory (LED display ads) baru bagi bisnis cloud advertising kami yang berpotensi untuk menambah pendapatan bagi perusahaan.

Sebelumnya, PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) telah menjalin kerjasama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (IDX: DMMX) dalam hal Digital Cloud Ad yang tersebar pada beberapa service points SiCepat. Kerjasama ini merupakan pengembangkan platform komersial untuk jaringan ritel UMKM DMMX bersama jaringan logistik SiCepat. Dalam kemitraan ini, SiCepat Ekspres melalui platform commerce enabler milik SiCepat Group, akan memberikan dukungan penuh dalam pengadaan pasokan (supply) groceries/raw materials/supplies kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX.

SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 8 Jam Sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung serta pengiriman 1hari Sampai untuk kota besar seluruh wilayah Indonesia. Dengan Slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia untuk menjawab segala kebutuhan dan keinginan pelaku e-commerce didukung dengan sistem teknologi terkini. SiCepat Ekspres merupakan salah satu dari sedikit pemain yang menyediakan layanan logistik terintegrasi (termasuk Last-mile, Warehouse & Fulfilment, Commerce Enabler, Distribusi Online dan Logistik Jarak Jauh).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…