Maknai Iduladha sebagai Pengorbanan dan Kemanusiaan, Sicepat Ekspres Ditribusikan Hewan Kurban Hingga Daerah Terluar

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 22 Juli 2021 - 06:39 WIB

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menyalurkan 110 ekor hewan kurban
Menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menyalurkan 110 ekor hewan kurban

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Presiden Joko Widodo memaknai Iduladha tahun ini sebagai momentum untuk menguatkan solidaritas untuk bangkit bersama menghadapi pandemi Covid-19. Menurut Presiden, Iduladha mengandung pesan mulia, pengorbanan, dan kemanusiaan yang patut menjadi pegangan bagi bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam acara Takbir Akbar Hari Raya Iduladha 1442 H yang dilaksanakan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin, 19 Juli 2021.

“Inilah momentum untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan. Ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniah yang akan mampu melipatgandakan energi kita untuk menghimpun kekuatan, optimistis untuk bangkit bersama,” ujar Presiden.

Iduladha tahun ini diperingati secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun, Presiden meyakini Iduladha sederhana ini tidak mengurangi kekhidmatan dalam menyampaikan rasa syukur kepada Allah Swt.

Presiden menambahkan, banyak keteladan dari Nabi Ibrahim a.s. yang dapat diambil hikmahnya seperti keteladanan dalam berkorban dan mengingatkan pentingnya keimanan, ketakwaan, serta keikhlasan.

“Di tengah pandemi saat ini, kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban lagi. Mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat, serta sesama,” tuturnya.

Selain itu, Presiden meminta masyarakat mengoptimalkan ikhtiar baik lahiriah maupun batiniah untuk menghadapi pandemi saat ini dengan bersama-sama berdoa dan bertakbir dari rumah masing-masing.

“Kita optimalkan ikhtiar lahiriah dan juga ikhtiar batiniah. Kita berikhtiar bersama dengan dispilin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengisolasi diri bagi yang bergejala, dan memberikan bantuan untuk sesama,” tambah Presiden.

Kepala Negara mengajak masyarakat untuk berdoa bersama memohon pertolongan, kesembuhan bagi yang sakit, dan kekuatan bagi para pejuang kemanusiaan. Presiden pun berharap seluruh masyarakat Indonesia selalu diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi segala ujian dan cobaan.

“Semoga Allah Swt meridai dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19 ini,” ucap Kepala Negara.

Untuk diketahui, takbir akbar virtual tersebut mengangkat tema “Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat”. Dalam acara tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir memberikan tausiah. Sementara itu, takbir akbar dipimpin oleh Prof. Said Agil Husin Al Munawar dan pembacaan doa dipimpin oleh Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Prof. Dadang Kahmad.

Dalam tausiahnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut mengajak masyarakat untuk bersabar dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menurutnya, sabar adalah indah, namun bukan berarti diam dan menjadi pasif.

“Sabar dalam artian sesungguhnya adalah kita juga harus berjuang. Kita tidak boleh berdiam diri, apalagi kalau kita sampai mengorbankan diri kita menjadi korban Covid-19. Oleh karena itu, menjaga diri dari penularan Covid-19 merupakan suatu kewajiban karena dia adalah salah satu dari tujuan syariah,” ucap Ma’ruf Amin.

Sicepat Ekspres Salurkan 110 Hewan Kurba

Sementara itu, menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) SiCepat Ekspres menyalurkan 110 ekor hewan kurban dengan rincian 10 ekor sapi dan 100 ekor kambing senilai 435 juta rupiah melalui program kurban online bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) pada 20 Juli 2021.  

Proses penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada 21-23 Juli 2021 dengan target distribusi ke lebih dari 2.300 Penerima Manfaat. Distribusi hewan kurban akan dilakukan ke 5 wilayah yakni DKI Jakarta, Alor - NTT, Mamuju - Sulawesi Tenggara, Pidie Jaya - Aceh dan Siak - Riau.  

Tidak lupa, penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat yakni dipotong di Rumah Potong Hewan, petugas dalam kondisi sehat dan menggunakan APD, serta distribusi dilakukan langsung ke rumah warga untuk menghindari kerumunan. 

Chief Exectutive Officer, The Kim Hai menyampaikan “Dengan bantuan kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H ini kami berharap dapat membawa keberkahan dan manfaat terutama masyarakat yang terdampak pandemi covid-19”. 

Kolaborasi SiCepat Ekspres bersama BAZNAS melalui program Kurban Online ini juga bertujuan untuk meningkatkan konsumsi daging bagi para mustahik sehingga dapat membantu pemenuhan gizi, khususnya protein hewani. Tercatat, konsumsi daging masyarakat Indonesia masih cukup rendah yaitu 2.9 kg per kapita per tahun jika dibandingkan dengan konsumsi daging dunia yaitu mencapai 6.4 kg daging sapi dan 1.7 kg daging kambing. 

Ketua BAZNAS RI Prof Dr Noor Achmad, MA menyampaikan, “Kami telah mempersiapkan hewan kurban terbaik untuk penyaluran Program Kurban Online BAZNAS yang bekerjasama dengan SiCepat Ekspres. Nantinya hewan kurban tersebut akan dipotong dan distribusikan kepada para penerima manfaat. Penyaluran hewan kurban ini juga sebagai upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah terpencil, terluar, tertinggal, terdampak bencana dan berada di zona merah Covid -19”. 

Sejak 2020, SiCepat Peduli telah melakukan kegiatan CSR yang fokus pada sektor sosial, pendidikan, kesehatan, penanggulangan bencana dan pandemi Covid-19. Melalui program ini, SiCepat Ekspres berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata dan manfaat bagi masyarakat.    

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bank DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:42 WIB

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Terkait Kolaborasi Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kontribusi Bank DKI terkait kolaborasi penanganan covid-19, termasuk salah satunya pada program Mobil Vaksin Keliling yang diinisiasi…

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.