Prof Zubairi IDI: Ada Prediksi Penyakit Covid-19 Hilang April 2021, Publik: Amiinnn Prof...

Oleh : Candra Mata | Selasa, 23 Februari 2021 - 21:55 WIB

Prof Zubairi Djoerban Ketua Satgas Covid19 IDI
Prof Zubairi Djoerban Ketua Satgas Covid19 IDI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ketua Satgas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban membeberkan sebuah fakta bahwa dalam beberapa pekan terakhir, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat tren jumlah kasus harian Covid-19 telah menurun signifikan.

"Ini nyata. Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, penurunan global itu sebesar 16 persen. Cukup signifikan," ungkap Prof Zubairi seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari keterangannya di laman twitter @zubairidjoerban pada Selasa pagi (22/2/2021).

Menurutnya, penurunan kasus Covid-19 tersebut terkait banyak hal. Seperti perilaku baik dan kepatuhan masyarakat terhadap penguncian (lockdown) atau di Indonesia disebut PSBB dan PPKM. 

Selain itu, kata Prof Zubairi, faktor lainnya yang juga mempengaharui penurunan adalah kebiasaan memakai masker dan menjaga jarak.

"Kesadaran memakai masker sudah terbentuk. Termasuk didalam ruangan. Itu amat membantu menurunkan kasus baru Covid-19," jelas Prof Zubairi.

Kemudian, lanjutnya, ada dugaan para ahli tentang kekebalan populasi pada tingkat tertentu, yang cukup membuat penyebaran virus korona melambat. 

"Ini terjadi di India. Lihat saja angka kasus Covid-19 di sana. Turun dari 100 ribu kasus per hari menjadi hanya 11 ribu," imbuhnya.

Adapun terkait dampak dari program vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia, Prof Zubairi menyatakan belum ada satu pakarpun yang bisa menjelaskan soal itu dan perlu hitungan bulan untuk mengukur itu," sebutnya.

Tapi yang nyata menurutnya adalah jumlah penyakit covid-19 terjadi penurunan drastis diseluruh dunia. 

Bahkan seorang kolumnis kesehatan ternama Martin Makary menyebutkan sebagian besar penyakit Covid-19 akan hilang pada bulan April mendatang.

Opini itu ia terbitkan berdasarkan data laboratorium, matematika, literatur, dan percakapannya dengan para ahli.

"Sebagian besar penyakit Covid-19 akan hilang pada April nanti. Opini itu ia sampaikan berdasarkan data laboratorium, matematika, literatur, dan percakapannya dengan para ahli," ungkap Prof Zubairi. 

"Baru prediksi. Semoga saja," tandasnya.

Hingga berita ini dibuat, informasi dari Prof Zubairi tersebut telah menuai banyak komentar dukungan dari masyarakat yang berharap prediksi pandemi akan hilang menjadi kenyataan.

"Aamiin! Thanks for your explanation, Prof.," ucap Ikumabara.

"Aamiin....aamiin...ya Rabbal alamiin.....Trima kasih prof," ujar Kiky Gumilang.

"Amiin keras Prof. Makasih updatenya," imbuh Dedek Remahan.

"Aamiin YRA...semoga wabah segera berlalu..," kata Nisaa.

"Ini kudu di aminkan biar terjadi prof. Amiiiinnnnn," papar Andri Witana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…

Sri Mulyani Bertakziah kerumah Prof Emil Salim

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:05 WIB

[BREAKING] Prof Dr Emil Salim Berduka, Sri Mulyani: Innalillahi, Alamarhumah Adalah Istri dari Guru Saya

Menteri Keuangan Sri Mulyani datang bertakziah ke rumah duka, alamarhumah Ibu Roosminnie Salim m istri dari Prof Dr Emil Salim yang meninggal pada Hari Sabtu Tanggal 27 Februari 2021. "Innalilahiwainnailahi…