Kabar Dari Moeldoko Ini Bikin Pengusaha Tidur Nyenyak! Pemerintah Bakal Guyur Insentif Rp157 Triliun untuk UMKM dan Korporasi

Oleh : Candra Mata | Jumat, 12 Februari 2021 - 18:15 WIB

KSP Moeldoko (liputan6.com)
KSP Moeldoko (liputan6.com)

INDUSTRY.co.id

Kepala Staf Presiden Moeldoko Sampaikan Kabar Gembira! Pemerintah Bakal Guyur Stimulus UMKM dan Korporasi Hingga Rp157 Triliun Tahun Ini

Jakarta, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dr. Moeldoko menyampaikan bahwa Pemerintah akan menyiapkan anggaran sekitar Rp157 triliun sebagai alokasi dukungan kepada UMKM dan pembiayaan korporasi dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk tahun 2021.

Tak hanya itu, bahkan, katanya, ada juga stimulus bagi UMKM melalui kebijakan di sektor jasa keuangan. 

“Mulai dari pengajuan kredit, restrukturisasi kredit, subsidi bunga, insentif pajak, pelatian, hingga pelibatan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah dan BUMN,” jelas Moeldoko dalam keterangan resminya seperti dilansir redaksi Industry.co.id dari laman KSP pada Jumat (12/2/2021).

Jendral bintang empat mantan Panglima TNI ini menambahkan, Program PEN tersebut merupakan inisiatif Pemerintah untuk membantu permasalahan yang teradi akibat pandemi Covid-19. 

Terutama bagi UMKM yang terdampak, baik dari sisi finansial maupun non finansial.

Moeldoko menyadari, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. 

Sehingga, untuk menghadapi tantangan akibat dampak pandemi ini, Moeldoko mendorong UMKM bisa bersinergi dengan Pemerintah untuk menerapkan strategi yang fokus, serta efektif mempercepat pemulihan usaha. 

Selain itu, Moeldoko juga mendirong agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan pasarnya.

“Langkah itu harus dibarengi dengan prinsip keuletan dan tahan banting, sehingga bisa keluar dari tekanan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pemanfaatan platform digital, kata Moeldoko, sejalan dengan perubahan pola perilaku konsumen di masa pandemi. 

Artinya, UMKM harus mengoptimalkan pemasaran secara daring, dengan tetap memperhatikan kualitas produk yang baik serta strategi untuk mempertahankan basis pelanggan. 

"Dengan begitu, saya yakin kegiatan usaha UMKM bisa tumbuh secara berkesinambungan," pungkas Moeldoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem, Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang Lho!

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…