RS Penuh, OTG Berkeliaran! Dr Iskandar Beberkan Solusi Tekan Resiko Kematian Pasien Covid-19

Oleh : Nandi Nanti | Minggu, 17 Januari 2021 - 12:20 WIB

Dr Iskandar CEO RS Permata Cikarang
Dr Iskandar CEO RS Permata Cikarang

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ditengah keterbatasan kapasitas Rumah Sakit dan Fasilitas Medis, tenaga medis di Indonesia terus berupaya menekan angka kematian pasien yang terjangkit virus Covid-19. 

Dr Iskandar Suhardi Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta cabang Kab. Purwakarta, Bekasi dan Karawang (ARSSI Purwabeka) mengatakan saat ini ada dua permasalahan yang dihadapi.

Pertama adalah soal penanganan dini berupa ketersediaan alat pernafasan untuk menyelamatkan pasien dari ancaman kematian.

"HFNC dipakai pasien secara non invasif atau tanpa intubasi seperti ventilator, dengan alat ini resiko perburukan pasien covid-19 dapat dikurangi," kara Dr Iskandar saat dihubungi redaksi Industry.co.id pada Minggu (17/1/2021).

Dikatakannya, problem treatment di Rumah Sakit saat ini adalah bagaimana supaya pasien-pasien dengan gejala ringan tidak jatuh menjadi gejala sedang atau berat.

Untuk itu, salah satu solusi yang direkomendasikan dari para expert adalah dengan menyediakan alat bantu nafas yg bernama HFNC/High Flow Nasal Cannule yaitu alat bantu nafas non invasif yang bisa membantu menaikan saturasi O2 dan meringankan sesak pasien.

"Karena saat pasien sudah bergejala sedang/berat yang biasanya ditandai dengan saturasi O2 yg sudah mulai turun dibawah 90 an, akan sangat sulit sekali mencari HCU/ICU rujukan," jelasnya.

Kemudian, pada patofisiologi atau perubahan dan gangguan fisiologis yang disebabkan oleh covid-19, organ utama pasien yg diserang adalah paru-paru atau lazim disebut pneumonia.

Hal ini ditandai dengan bercak putih pada pemeriksaan rontgen/CT scan pasien.

"Untuk masalah sesak nafas pada penderita covid-19 itu solusi nya bukan sekadar pada obat-obatan semata. Jadi memakai alat bantu nafas seperti pemakaian HFNC sampai terakhir pakai ventilator menjadi tindakan yang sangat penting," paparnya.

Dijelaskannya, pneumonia semakin berat bila bercak putih didalm paru-paru semakin meluas.

Ini ditandai dengan saturasi oksigen akan menurun dan pasien akan alami sesak nafas. 

Dimasa itu, daya tahan atau imunitas tubuh yang dibantu obat-obatan akan berperang habis-habisan dengan virus covid.

Selama peperangan itu, menurutnya, organ paling vital dan harus di jaga adalah paru-paru. Lantaran organ tersebut berkaitan langsung dengan peluang hidup pasien.

"Jadi alat bantu seperti selang oksigen, HFNC dan ventilator itu berfungsi memberi kesempatan seluruh organ tubuh kita untuk dapat memenangkan peperangan melawan covid tersebut," papar dr Iskandar.

"Bila organ paru tidak kita selamatkan dulu arti nya peluang tubuh kita untuk memenangkan perang melawan covid akan semakin kecil dan risiko kematian semakin tinggi," tandasnya lagi.

Selain masalah alat bantu pernafasan, Dr Iskandar yang juga CEO dan owner RS Permata Keluarga Group mengemukakan masalah kedua yakni kondisi aktual yang dihadapi rumah sakit saat ini.

Menurutnya, tingginya jumlah pasien terjangkit Covid-19 membuat rumah sakit kewalahan dan tidak lagi cukup menyediakan bed atau tempat tidur bagi pasien.

"Sebagai contoh, RS Permata Keluarga yang kami kelola awal nya buka 20 bed untuk isolasi covid, sekarang sudah kami buka sampai hampir 40 bed dan itu pun penuh terus," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya juga telah meminta agar pemda/dinkes terkait segera menambah kapasitas isolasi pasien, termasuk untuk Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Termasuk OTG, supaya dirawat dan jangan terus menularkan kepada orang lain terutama kepada orang-orang yang rentan seperti orang tua dan penderita komorbid atau penyakit penyerta," tegas Dr Iskandar.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar semua stakeholder terutama Pemda/Dinkes agar lebih agresif melakukan Tracing, Testing dan Treatment.

Hal tersebut menurutnya sangat penting untuk mencegah masyarakat yang sudah terinfeksi Covid tanpa gejala (OTG) masih berkeliaran dan berpotensi besar menularkan kepada orang-orang disekitarnya.

"Terus terang, saat ini banyak sekali kami temukan kasus begitu di kluster keluarga," pungkasnya.

Sekadar informasi, total pasien positif covid-19 secara nasional saat ini jumlahnya mencapai 896.642 kasus.

Sementara untuk pasien sembuh totalnya menjadi menjadi 727.358 orang diseluruh Indonesia.

Adapun untuk kasus meninggal totalnya mencapai 25.767 pasien meninggal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…