Boss OK OCE Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Lebih Peduli Donor Darah

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Agustus 2020 - 15:00 WIB

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat jumlah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun. Penyebab penurunan itu adalah karena berkurangnya jumlah pendonor yang menyumbangkan darahnya. Padahal, darah tersebut sangat diperlukan sebagai terapi penyakit para pasien penderita thalasemia, demam berdarah, operasi saat melahirkan, dan kecelakaan.

Penurunan jumlah pendonor tersebut salah satunya disebabkan oleh kekhawatiran masyarakat untuk mendatangi PMI dan melakukan donor darah. Padahal, PMI telah menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari pemeriksaan suhu para calon donor, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga melakukan disinfeksi berkala.

Menyikapi kondisi tersebut, Pembina Relawan Siaga, Sandiaga Uno, mengajak masyarakat untuk melakukan donor dalam acara bertema “Buktikan Merah Putihmu dengan Menyumbangkan Darah Merahmu” yang diadakan di kantor PMI Provinsi DKI Jakarta.

“Buktikan Merah Putihmu dengan menyumbangkan darah merahmu. Saya beserta Relawan Siaga sangat menantikan kehadiran teman-teman, para pejuang-pejuang, pahlawan masa kini, untuk berdonasi darah. Sumbangkan darahmu untuk teman-teman (yang membutuhkan). Mohon hadir di PMI Provinsi DKI Jakarta mulai Senin sampai Minggu, 10-16 Agustus 2020 untuk donor darah. Ayo bantu PMI,” kata Sandi di kantor PMI Provinsi DKI Jakarta di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2020).

Sebelum menyumbangkan darahnya, Sandi dan Tim Relawan Siaga bersepeda dari markas Relawan Siaga di Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, menuju kantor PMI Provinsi DKI Jakarta yang berada di  Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Rombongan bersepeda yang beranggotakan Sandiaga Uno (Pembina), Letjen (Purn) Agus Sutomo (Ketua Umum), Mayjen (Purn) Gadang Pambudi (Ketua Harian), HMBC Rikrik Rizkiyana (Sekjend), Wandi Yulius (Bendahara Umum), Aresdi Mahdi Asyathry (Kabid Komunikasi/Ketua Acara), dan Jeje Nurjaman (Kabid Kerjasama/ Wakil Ketua Acara) berangkat dari markas pada pukul 06.30 WIB dan dilepas oleh Ketua Umum Relawan Siaga Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo. Acara tersebut sebelumnya didahului dengan pelepasan 17 ekor burung merpati.

Selain menyumbangkan darahnya, Sandi beserta Tim Relawan Siaga juga mendapat penghargaan Anugerah Relawan Kehormatan dari Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi.

Pada saat sama, Sandi juga melelang sepeda Brompton untuk kemudian disumbangkan kepada PMI sebagai bentuk dukungan terhadap organisasi kemanusiaan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…