Rektor Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto Jelaskan Bagaimana President University Menerapkan Kampus Merdeka

Oleh : Hariyanto | Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

President University Menerapkan Kampus Merdeka
President University Menerapkan Kampus Merdeka

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Transformasi digital membawa dampak yang signifikan terhadap kerja dan pekerjaan, ekonomi inovasi, dan pemberdayaan individu. Akan ada banyak jenis pekerjaan dan peluang bisnis baru muncul mengikuti pemanfaatan teknologi yang masif saat ini.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Dikti Kemdikbud RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., dalam webinar “Operasionalisasi Kampus Merdeka dan Implikasinya” yang diadakan oleh Program Pascasarjana Bisnis Universitas Atmajaya bersama dengan Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia pada Kamis (4/6/2020).

Mengutip penelitian oleh McKinsey&Company, sekitar 23 juta pekerjaan yang ada saat ini akan digantikan otomasi pada 2030. Hilangnya pekerjaan ini diikuti dengan peluang 10 juta pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya. “Bagaimana kita akan menyiapkan mahasiswa dengan kompetensi yang kita pun tidak tahu? Maka tidak bisa tidak kecuali kita mereformasi pendidikan tinggi kita,” ujar Nizam.

Ia menyebutkan pendidikan pada level individu menjadi sangat penting. Kembali pada esensi pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu menyiapkan insan merdeka yang berbudaya, dimana manusia mampu berdiri di atas kemampuan sendiri, tidak bergantung pada orang lain, dan mampu memilih masa depannya sendiri.

“Ini esensi pendidikan, bagaimana kita menyiapkan mahasiswa untuk mampu memimpin masa depannya sendiri. Masa depan individu sangat beragam. Tentu sangat salah jika kita membatasi mereka dalam frame satu prodi yang sangat sempit, sementara kompetensi yang mereka butuhkan lebih dari prodi mereka masing-masing,” tegasnya.

Untuk itu, link and match dengan industri menjadi faktor penting untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja yang kompetitif di masa depan. Pembelajaran tidak terbatas di ruang kelas atau perpustakaan saja, kegiatan magang/praktik kerja, studi/proyek independen, pertukaran pelajar, mengajar di sekolah, dan proyek kemanusiaan dapat memperkaya pengalaman mahasiswa mulai dari ia memulai perkuliahan hingga lulus menjadi sarjana.

Senada dengan Nizam, Rektor President University, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto, yang juga hadir sebagai pembicara mengungkapkan bahwa kerja sama dengan industri itu penting untuk mencetak lulusan-lulusan yang siap diserap dunia kerja.

Dalam kesempatan ini, Jony mengungkapkan bahwa konsep Kampus Merdeka telah diterapkan President University sejak lama. Target lulusan President University yang berkarya dengan pengembangan karakter, keterampilan, dan pengetahuan yang seimbang. Mahasiswa di President University merdeka dengan banyak pilihan sesuai minat melalui berbagai program di dalam maupun luar kampus.

Terkait kurikulum tahun 2020 di President University, Jony menjelaskan bahwa di tahun pertama, mahasiswa akan dihadapkan pada Integrative Survival Experience.

Mahasiswa akan mempelajari dan langsung mempraktikkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mereka dapat bertahan menghadapi economic survival dan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri, diantaranya yang menarik adalah pengetahuan mengenai big data sesuai dengan keterkaitan dengan program studi masing-masing.

Terlepas dari program studi yang dipilih, mahasiswa akan dihadapkan pada praktik kerja langsung, misalnya mahasiswa Bisnis Administrasi yang harus membuat bisnis atau mahasiswa Ilmu Komunikasi yang diminta membuat film pendek. “Dasarnya praktik dulu, teori sambil berjalan. Jangan teori dulu.” ungkap Jony.

“Di tahun kedua, kami lebih serahkan ke program studi masing-masing. Jadi di tahun kedua untuk mata kuliah program studi dan konsentrasi. Kami juga mengajarkan bahasa asing non-English karena jika bahasa Inggris, perkuliahan kami sudah menggunakan bahasa Inggris dari awal hingga akhir sehingga mereka sudah menguasainya.” lanjut Jony.

Di tahun kedua ini, terdapat juga kredit untuk kelas persiapan magang. Hal ini mengacu pada program wajib magang yang harus diambil mahasiswa pada tahun ketiga. Program magang wajib selama setahun ini akan disesuaikan dengan 3 pilihan karir yang tersedia, yaitu profesional, wirausahawan, atau akademisi, yang di awal tahun pertama telah mahasiswa diskusikan bersama dosen pembimbing akademisnya.

Program magang selama setahun ini akan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa terhadap kebutuhan industri yang up-to-date. Selain itu, Jony mengungkapkan banyak mahasiswa President University yang telah ditawari bekerja oleh perusahan di akhir masa magang karena performanya yang baik.

Pengalaman magang mahasiswa juga dapat menjadi pembelajaran bagi universitas untuk mengetahui isu-isu actual yang dihadapi perusahaan (link and match industri dengan universitas).

Mendukung minat mahasiswa, President University memberikan pilihan tugas akhir berupa skripsi, studi/proyek independen, case writing, corporate project, dan lain-lain sesuai dengan jalan karir yang mahasiswa ingin tekuni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…