#Komunitas Plastik untuk Kebaikan Sumbang Sembako untuk Pemulung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 07 April 2020 - 16:55 WIB

Komunitas Plastik untuk Kebaikan Sumbang Sembako untuk Pemuluang
Komunitas Plastik untuk Kebaikan Sumbang Sembako untuk Pemuluang

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Salah satu kelompok rentan yang sangat terpengaruh oleh wabah pandemi covid 19 adalah pemulung dan petugas kebersihan. Bukan saja karena penghasilan mereka merosot tajam sebagai akibat kebijakan pelarangan beraktivitas di luar rumah secara besar (Pembatasan Sosial Bersakal Besar) tetapi juga karena pekerjaan mereka yang sangat rentan terhadap penularan Covid 19.

Ahmad 55 Tahun, pemulung di Cirendeu mengatakan ia terpaksa tetap keluar rumah setiap hari mencari sampah plastik, karena dia harus menghidupi keluarganya. Bapak tiga anak ini juga mengeluhkan makin sedikitnya sampah botol plastik, karena banyak rumah makan yang tutup. Hingga saat ini mereka juga belum mendengar akan mendapatan bantuan dari pemerintah Selama PSBB diberlakukan.

Cerita Ahmad hanya salah satu cerita pedih dari jutaan pemulung di Indonesia di tengah pendemi Covid 19. Menurut Ikatan Pemulung Indonesia, ada lebih dari 4 juta pemulung di Indonesia yang saat ini sangat membutuhkan dukungan pemerintah. Karenanya #Komunitas Plastik Untuk Kebaikan (PUK), sebuah komunitas yang mengusung visi tata kelola sampah plastik yang baik, membuat gerakan yang meraka namakan #Sembako Untuk Pahlawan Lingkungan. 

Sumbangan diberikan kepada 500 pemulung dan petugas kebersihan di beberapa titik di Jakarta, Tangerang Selatan dan Bekasi.  Selain memberikan sembako, komunitas yang berdiri tahun lalu ini juga memberikam masker kain, sarung tangan plastik dan produk kebersihan. “Kami sangat mengapresiasi dukungan yang terus mengalir dari berbagai pihak, mulai dari media, individu, komunitas, organisasi masyarakat dan perusahaan, ujar anggota komunitas PUK, Surya Cahya Agung saat di temui di komplek bedeng pemulung di kawasan Cirendeu, Senin (6/4 2020).

Gerakan #Sumbangan Untuk Pahlawan Lingkungan, membuka donasi dari masyarakat umum. Menurut Surya sampai saat ini sudah ada sumbangan dari  produsen minuman mineral Aqua, Unilever, LazisMu (lembaga badan amal milik Muhammadiah), serta dari Anak Negeri Adventure Trip yang memberikan penyemprotan desinfektan gratis di lapak-lapak yang dikunjungi. “Kami juga menerima sumbangan dari individu individu dan media”.

Risyanto dari Anak Negeri mengeparesiasi gerakan yang dilakukan oleh Komunitas PUK “Kami sudah dua kali berkolaborasi dengan Komunitas Plastik Untuk Kebaikan. Kami bangga ikut berpartisipasi dalam gerakan mencegah penyebaran virus Corona ini. Semoga Ikhtiar kecil kami dapat diikuti pihak lain. Menjadi harapan kami tidak ada saudara2 kita para pahlawan lingkungan, menjadi korban Pandemi Covid-19”.

Senada dengan Risyanto, Arif Mujahiddin Direktur Komunikasi  Danone di Indonesia mengaku senang bisa turut berkontribusi dalam penanganan wabah COVID 19 ini. “Kami ucapkan terimakasih atas inisiatif KPUK, kami yakin inisiatif ini sangat membantu masyarakat terdampak wabah COVID 19 ini. Semoga inisiatif dan kerjasama antar permangku kepentingan bisa diteruskan dalam kerangka gotong royong untuk saling membantu dan saling jaga antar sesama anak bangsa.”

Arif menambahkan Danone Indonesia telah berkomitmen untuk membantu penanganan wabah COVID 19 melalui kerjasama dengan berbagai komponen termasuk pemerintah daerah, rumah sakit, organisasi kesehatan maupun organisasi sosial kemasyarakatan lain. Bantuan diberikan berbentuk aneka alat kesehatan maupun makanan dan minuman.

Hari ini Komunitas memberikan sumbangan di 8 titik di Tangsel yaitu di kompleks Lapak sekitar Ciputat Molek, Cirendeu, Sandratek, Poncol dan Setu Kampung Sawah, serta TPS di Legoso. Untuk Bekasi pemberian sumbangan akan dilakukan di Rawa Semut, Duren Jaya dan Sekitar Bantar Gebang. Sedangkan Jakarta di sekitar Cipulir, Pondok Labu Pondok Pinang dan Ciledug

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Penguburan jenazah korban Corona

Senin, 13 Juli 2020 - 17:00 WIB

Kondisi Mengkhawatirkan, IHME Prediksi Hingga November akan Terjadi 40.000 Kematian di Indonesia

Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle…

Petugas RS Darurat Wisma Atlet Memberikan Pelayanan terbaik sesuai protokol kesehatan bagi pasien

Senin, 13 Juli 2020 - 16:30 WIB

DPR Desak Pemerintah Segera Rilis Protokol Baru dan Aggaran Harus Tersedia

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menyampaikan keprihatinanya atas munculnya klaster baru dengan 1.262 kasus positif Covid-19 di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa…