Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Surapati akan Merehab Rumah Bung Karno di Surabaya

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 07 Desember 2019 - 06:00 WIB

Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati
Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, Surabaya memiliki peran penting. Selain sebagai kota perdagangan dan kota maritim, Surbaya juga menjadi kota pahlawan yang menyimpan berbagai sejarah besar. Salah satunya keberadaan rumah kelahiran Proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno atau Bung Karno.

Rumah kelahiran Bung Karno terletak di Jalan Peneleh Gang Pandean IV Nomor 40, Kecamatan Genteng. Saat ini kondisi rumah tersebut tidak terurus.

Melihat kondisi tersebut, Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati bertekad menjadikan revitalisasi rumah kelahiran Soekarno sebagai salah satu program prioritas dirinya jika terpilih sebagai kepala daerah dalam Pilwali Surabaya 2020.

"Jadi apapun nantinya, baik sebagai Wali Kota atau Wakil Wali Kota. Saya akan jadikan revitalisasi rumah kelahiran Soekarno sebagai program prioritas. Itu komitmen saya," ujar Untung Suropati, Jumat (6/12/2019).

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL era 2011-2014 ini mengaku, dirinya adalah pengagum Soekarno. Karena itu, dia punya panggilan jiwa untuk merawat peninggalan sejarah sang proklamator kemerdekaan RI itu.

Ditegaskan Untung, rumah bersejarah itu nantinya bisa dijadikan museum sejarah Soekarno. Tempat itu tidak hanya sebagai sarana untuk merawat sejarah tetapi juga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Surabaya.

"Bung Karno itu tokoh besar, bukan hanya tokoh nasional. Beliau adalah tokoh dunia. Banyak orang yang ingin mengetahui langsung jejak sejarah Bung Karno. Karena itu, rumah kelahiran Bung Karno itu bisa menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Surabaya," ucap pria yang pernah menjadi Komandan Lanudal Juanda Surabaya itu.

Untung Suropati yang tengah menjalani proses penjaringan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di PDI Perjuangan ini punya visi besar, menjadikan Surabaya sebagai Kota Pahlawan dan Kota Maritim yang berkarakter lokal tapi berdaya saing global.

Karena itu, dosen Lemhannas ini juga punya rencana merevitalisasi kawasan sekitar Tanjung Perak menjadi kawasan wisata maritim. Apalagi Surabaya ini adalah ikonnya kota maritim di nusantara. Tentunya potensi ini bisa digali untuk mendatangkan wisatawan lokal maupun manca negara yang nantinya bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).

"Membangun kota itu tak boleh menghilangkan sejarah, karena sejarah adalah identitas dari sebuah bangsa. Banyak negara modern seperti Inggris, Prancis, Spanyol dan Italia. Mereka tetap mempertahankan peninggalan sejarah yang justru saat ini menjadi destinasi wisata yang menarik," tekad laksamana bintang dua ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…