Ingin Menggaet Pelancong dan Investor, Begini Strategi PT Jababeka Morotai

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 01 April 2019 - 19:02 WIB

Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)
Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Guna menggenjot kedatangan turis lokal maupun mancanegara, PT Jababeka Morotai selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai membuat berbagai terobosan, salah satunya melalui paket tour dari Bali ke Morotai.

“Kami berencana akan membuat paket paket tour dari Bali ke Morotai untuk membawa turis yang sudah di Bali dan dari Australila, dan kami akan ada membuat carter flight dari China, Jepang, Taiwan untuk direct flight berkunjung ke Morotai, dengan paket wisata lainnya seperti diving, hopping island. Selain itu, kami harapkan bandara sudah standar Internasional di akhir tahun ini,”kata Basuri Direktur Utama PT Jababeka Morotai dalam keterangannya kepada INDUSTRY.co.id, Senin (1/4/2019).

Tak hanya itu, marina juga rencananya akan dibuat yang akan mendatangkan Cruise dari luar negri untuk datang ke Morotai dengan rute Morotai – Raja Ampat – Maluku – Banda – Manado.  

Basuri mengatakan, dalam proyek Morotai, pengembangan di tahap awal adalah seluas 300Ha dari 1.101.76 HA ini akan dihuni 100 pabrik, 1000 Unit Landed House, 200 Unit Rumah / Homestay, Area Commercial, Street mall, Pusat Bisiness, Stadion Olah Raga yang rencana akan di bangun oleh Pemda Morotai, 10 Tower Loft Studio dengan fasilitasnya area hiburan, pendidikan, kesehatan dll menjadikan kawasan ini kota mandiri yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Morotai.

Pada saat ini sudah terbangun Homestay sebanyak 41 Unit, Ruko 6 Unit, Gedung Administrator yang sudah berfungsi, Gerbang Utama dengan 14 pilar dan Infrastruktur kawasan, serta 1 tower Loft studio sebanyak 81 unit dari rencana 10 Tower untuk menampung para turis dari luar dan dalam negeri.

Di kawasan KEK sudah ada  Investor untuk pabrik pengolahan ikan, lalu green energy seperti solar cell, electric car dan Water Treatment.

“Kami juga dalam proses addendum KEK untuk lokasi di Tanjung Dehegila yang sudah disetujui oleh Bupati dan Gubernur. Sudah ada investor yang berinvestasi di bidang Pariwisata dimana sudah dibangun 5 unit Villa yang sudah beroperasi dengan total rencana yang dilanjutkan 80 unit villa / resort lainnya, dan akan masuk lagi beberapa investor yang akan membangun hotel / resort,” ujarnya

Dampak Dari Investasi KEK Morotai.

Perkiraan nilai yang di Investasikan adalah total Rp. 6,8 T untuk 1.100 Ha (USD 523 Million), yang akan menyerap 30.000 orang tenaga kerja.

Pada saat ini sudah tersedia listrik sebesar 5 MW, sudah tersedia air di dalam kawasan yang sudah bisa di pakai oleh konsumen, internet sudah akan di support oleh BAKTI (Kominfo)

“Kami berjuang keras untuk mewujudkan proyek ini dengan dukungan terbaik dari Kementerian Perekonomian, Kementerian Pariwisata dan bebrapa kementerian yang lainnya; Gubernur Maluku Utara dan Bupati Morotai serta dukungan dari masyarakat,” tandasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…