Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise
Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

INDUSTRY co.id - Jakarta – Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Telkomsel untuk mewujudkan Indonesia 4.0.

Penandatangan MoU dengan Telkomsel Enterprise dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2022 di Menara Batavia, yang resmi ditandatangani oleh Agung Wicaksono selaku Managing Director PT Jababeka Infrastruktur, Hanang Setiohargo selaku Vice President Enterprise Product Management Telkomsel, dan Fadli Hamsani selaku General Manager Enterprise Solution Orchestration Telkomsel.

“Objektif dari kerja sama ini untuk mendorong akselerasi transformasi industri 4.0. para tenant dan industri di kawasan Correctio. Dengan bersinergi bersama Telkomsel, Jababeka berkomitmen untuk membangun ekosistem teknologi berkelanjutan yang mampu menjadi solusi atas seluruh kebutuhan industri dan Startup di kawasan.”, kata  Agung Wicaksono, Managing Director PT Jababeka Infrastruktur yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (15/8/2022)

Melalui kerja sama ini, Telkomsel Enterprise hadir sebagai penyedia layanan solusi manufaktur cerdas bagi industri di kawasan Correctio. Layanan yang disediakan oleh Telkomsel yaitu Enterprise Product & Smart Manufacturing Solutions. Sebelumnya, Jababeka juga telah menjalin kerja sama dengan Telkomsel dalam menciptakan pengalaman 5G terbaik di kawasan.

Managing Director PT Jababeka Infrastruktur mengatakan pihaknya bersama seluruh pemangku kepentingan berharap layanan ini dapat mendorong penguatan ekosistem smart city dengan layanan berbasis teknologi masa depan untuk diterapkan di berbagai sektor.

“Sebagai mitra penyedia teknologi dan pengembangan jaringan yang mendukung visi Jababeka dalam membangun The Next Silicon Valley di Indonesia, Telkomsel membuka peluang lebih luas dengan berkolaborasi dan menjadi katalisator bagi industri dan startup di kawasan Jababeka. Melalui inovasi pemanfaatan teknologi digital dan penyediaan ragam solusi pengelolaan manufaktur modern terdepan, kami yakin kerja sama yang terjalin dapat mendorong implementasi solusi teknologi masa depan untuk mengakselerasi transformasi digital lintas sektor, melesat dengan digital mencapai industry 4.0.” kata Hanang Setiohargo, Vice President Enterprise Product Management Telkomsel.

Memperkuat sinergi yang terjalin, PT Jababeka Infrastruktur juga akan membangun kesadaran para pegiat industri mengenai pentingnya sistem digitalisasi untuk mendorong efektivitas operasional perusahaan. Salah satunya dengan mendukung layanan Telkomsel Enterprise melalui berbagai aksi, seperti menampilkan solusi yang ditawarkan Telkomsel di Fabrication Laboratory (Fablab) Jababeka.

Langkah ini menjadi aksi konkrit Jababeka dalam mewujudkan proyek kawasan Correctio, pusat inovasi dan bisnis modern terpadu berbasis teknologi terbesar yang diyakini sebagai “The Next Silicon Valley” di Indonesia. Untuk mendorong kesuksesan proyek Correctio, Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) akan kembali diinisiasi Jababeka di masa mendatang bersama mitra lintas sektoral lainnya disamping Telkomsel, BRIN, Indogen, dan BISA AI menuju masyarakat 5.0.

Sebagai wujud dari implementasi kerjasama yang telah terjalin sebelumnya bersama mitra BISA AI, Jababeka menggelar webinar Road to FAB-Creation 2022 dengan tajuk The Role of Startup to Shape the Future of Manufacturing in Indonesia pada 11 Agustus 2022. Dihadiri sejumlah Startup rintisan di Indonesia, acara perdana Fab-Creation ini berhasil menunjukkan antusiasme besar Startup menyambut dibangunnya Correctio, kawasan dengan solusi teknologi mutakhir.

Webinar ini merupakan hasil kolaborasi dari Fablab Jababeka dan Bisa AI untuk coaching dan mentoring para digital fabrication startup. Telah dibahas bagaimana Startup memiliki peranan esensial bagi masa depan manufaktur di Indonesia yang menampilkan sederet narasumber mulai dari President University, PIDI 4.0 Kemenperin, UMG Idea Lab, serta Fablab Jababeka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tahilalats, Karakter Web Komik Indonesia Umumkan Kolaborasi dengan Crayon Shinchan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:49 WIB

Tahilalats, Karakter Web Komik Indonesia Umumkan Kolaborasi dengan Crayon Shinchan

Jakarta – Karakter web komik lokal Tahilalats secara resmi mengumumkan kolaborasinya dengan tokoh kartun ikonik asal Jepang, Crayon Shinchan. Kolaborasi ini sekaligus menandakan tiga dekade…

Presiden Jokowi pada peresmian revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (05/10/2022). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:25 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Sebelum lepas landas menuju Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandara Halim Perdanakusuma,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:23 WIB

Ini Jurus Menperin Agus Pacu Daya Saing Industri Galangan Kapal

sebagai upaya pengembangan industri perkapalan dalam negeri yang berdaya saing global, Kemenperin menilai perlunya langkah untuk mengurangi bahan baku dan komponen impor, dukungan pembiayaan…

Presiden Jokowi memimpin Upacara HUT ke-77 TNI, Rabu (05/10/2022), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Jay)

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:11 WIB

Saksikan Defile Alutsista, Presiden Jokowi: Bentuk Kesiapan TNI Hadapi Perubahan Geopolitik

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menyaksikan defile pasukan dan pawai alat utama sistem persenjataan (alutsista)…

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…