Smesco - KemenKopUKM Gelar ‘Telkomsel Pasar Nusa Dua’ Dongkrak Ekspor Komoditi Unggulan

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Mei 2022 - 07:30 WIB

Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata
Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata

INDUSTRY.co.id - Bali – Sebagai pendukung pelaksanaan Presidensi G20 yang siap digelar di Bali, Indonesia, Smesco Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menyelenggarakan aktivasi inisiatif pertama dari Presidensi G20 yaitu event “Telkomsel Pasar Nusa Dua” bertempat di Bali Collection, Kawasan ITDC Nusa Dua Bali. 

Event yang akan berlangsung selama tiga hari di akhir pekan yaitu 6-8 Mei 2022 ini, mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para stakeholders utama yaitu PT Telkomsel (Persero), PT. HM Sampoerna Tbk, dan Bizhare, serta komunitas dan pegiat UKM di Indonesia Wilayah Timur. 

Smesco Indonesia juga menggaet The Brightspot Market, Bali-Based Enterpreneur Network, Bali Initiative Hub, dan BEDO dalam penyelenggaraannya. 

Event Telkomsel Pasar Nusa Dua dihadiri dan mendapatkan apresiasi tinggi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Menteri Koperasi dan UKM. Diharapkan event ini dapat menjadi benchmark kreatif event pemerintah dalam mendukung para UKM.

"Event ini merupakan sebuah gambaran atau mini showcase atas citra positif kebangkitan dan kemajuan dari teknologi, ekonomi, serta budaya Indonesia yang akan ditampilkan pada saat puncak Presidensi G20 nantinya," ucap Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam keterangan resminya (5/5/2022).

Hidupkan geliat Ekonomi Membumi, Telkomsel Pasar Nusa Dua akan menampilkan para UKM lokal yang memiliki narasi usaha ataupun produk yang Sustainable Development Goals (SDGs), dan Environment, Social, and Government (ESG) yang telah melalui proses kurasi dari kategori food village, retail market, music and art, serta sejalan dengan misi Indonesia pada Presidensi G20 yaitu untuk mendorong upaya kolektif dunia dengan mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan. 

Area Event akan terbagi menjadi empat bagian yang terdiri dari Pertama, Pop Up Restaurant Area yang dibangun dengan menggabungkan teknologi 3D printing oleh UKM Indonesia dan bamboo sebagai bahan konstruksinya, akan menyajikan berbagai makanan dengan konsep future food sebagai representasi dari project “Spice Up The World”.

Kedua, Pop Up Bar, menampilkan produk craft beer dan arak unggulan Bali. Ketiga, Exhibition Area, menampilkan berbagai produk representasi dari UKM unggulan dengan konsep future SME dan Ekonomi Membumi yaitu Tani, Saji, dan Seni. Keempat, Stage Area, menampilkan live music performance dari musisi Bal.

Lebih lanjut Direktur Utama SMESCO Indonesia, Leonard Theosabrata menambahkan, event Telkomsel Pasar Nusa Dua yang dilakukan di Bali ini juga merupakan salah satu rangkaian upaya pemerintah dalam mendukung sektor ekonomi melalui ekspor komoditi unggulan di Indonesia wilayah timur.

"Didukung dengan didirikannya Smesco Hub Timur yang juga berada di kawasan ITDC Nusa Dua Bali dan ekosistemnya yang berfungsi sebagai hub percepatan penyerapan komoditas wilayah timur agar go global melalui ekspor," tegasnya.

Kolaborasi apik dan saling mendukung antara Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Private Sector, Asosiasi, Komunitas, dan masyarakat, diyakini menjadi kunci keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…