Dukung Implementasi Smart City di IKN, PERJAKBI Susun Roadmap Ekosistem Digital

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 April 2022 - 14:19 WIB

Ketua PERJAKBI, Anthony Leong (ist)
Ketua PERJAKBI, Anthony Leong (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama Indonesia (PERJAKBI)/ Indonesia Workspace & Digital Startup Accelerator Association mendukung penuh konsep Smart City yang akan diimplementasikan dalam pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketua PERJAKBI, Anthony Leong mengatakan, penerapan Smart City di IKN merupakan sebuah kesempatan untuk mengakselerasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Menurutnya, membangun IKN baru dengan konsep Smart City merupakan keputusan yang tepat terhadap kehendak zaman, khususnya dalam mengakselerasi implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"PERJAKBI mendukung penuh konsep Smart City yang akan diimplementasikan dalam pembangunan IKN Nusantara dengan menawarkan inovasi pusat pengembangan bisnis berbasis teknologi serta menciptakan ekosistem pengembangan startup dan UMKM dari hulu hingga hilir. Dengan hadirnya shared office, coworking space akan membangun ekosistem yang baik. Konsep kolaborasi dan sinergi perlu dibuat by sistem," ujar Anthony yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (7/4/2022).

Anthony mengatakan, Kota Nusantara yang akan menjadi IKN nantinya, perlu memfasilitasi pengelolaan pemerintahan yang lebih modern dengan visi jauh ke depan. Oleh karena itu, IKN perlu ditopang teknologi yang efisien dan mendukung gaya hidup baru yang berbeda dari kota-kota lain di Indonesia bahkan dunia.

"Perlu ada peningkatan kualitas layanan telekomunikasi dan informasi. Ini akan menjawab kebutuhan masyarakat dengan hadirnya konektivitas internet yang stabil dan berkualitas untuk pendidikan, kesehatan dan pengembangan usaha berbasis digital. Implementasi konsep Smart City berbasis teknologi mutakhir lainnya tanpa menghilangkan esensi kota hutan," ucapnya.

Anthony menilai, pemerataan internet sangat dibutuhkan anak-anak muda. Karena melalui internet, bisa membantu generasi bangsa berkembang dan bersaing di era digital.

"Generasi muda dan pemanfaatan teknologi mutakhir akan menjadi kunci dalam pembangunan Indonesia. Internet ini adalah kesempatan dan peluang besar bagi mereka dan pembuka jalan. Infrastruktur yang baik bisa menopang dunia usaha dan melahirkan pengusaha pemula tanpa modal lahir dari dunia seperti ini," ungkap Ketua HIPMI Digital Academy itu.

Anthony memberikan contoh seperti dengan melihat seberapa banyak teknologi digital yang digunakan untuk mendukung e-commerce masyarakat atau UMKM serta pertumbuhannya. Lebih lanjut, pemerintah memiliki pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan sebelum mewujudkan konsep smart city.

"PERJAKBI mengajak pihak swasta dan BUMN hadirkan centre of entrepreneurship di berbagai lokasi di seluruh Indonesia untuk pengembangan UMKM dan juga membantu akses perizinan mendata pengusaha UMKM. Semua harus ada administrasi yang baik, agar bisa susun roadmap dan juga jumlah pengusaha harus terus meningkat mengejar ketertinggalan dengan negara maju. Dengan hadirnya ekosistem yang terintegrasi akan menjadi sebuah kekuatan dalam menumbuhkembangkan jumlah pengusaha pemula dalam negeri," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.