Sinergi Bangun Desa dan Perbatasan, KADIN dan BNPP Teken MoU

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Desember 2021 - 13:19 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan kerjasama mengenai Sinergitas Pembangunan Ekonomi Daerah dan Desa serta Pembangunan Kawasan Perbatasan Negara.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan oleh Katua Umum KADIN, M. Arsjad Rasjid dan Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian pada Rapimnas KADIN di Bali, Jumat (3/12/2021).

Kerjasama ini merupakan pembaharuan dari kerjasama yang pernah dilakukan sebelumnya melalui MoU bersama tahun 2011 sampai dengan 2016, serta disinergikan dengan beberapa kegiatan Kemendagri.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk membangun sinergi antara Kemendagri, BNPP dan KADIN dalam penguatan dan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi tentang Sinergisitas Pembangunan Ekonomi Daerah dan Desa serta Pembangunan Kawasan Perbatasan Negara.

Muatan kerjasama yang akan dikembangkan sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo, serta arah kebijakan Rencana Induk Pengelolaan Batas Wilayah Negara-Kawasan Perbatasan Tahun 2020-2024 terutama pelibatan Non State Actors dalam pembangunan kawasan perbatasan, yang diarahkan pada tiga hal pokok yaitu pengembangan potansi wilayah, perdagangan lintas batas negara, dan dukungan pengembangan infrastruktur kawasan perbatasan.