Ikuti Pameran Pacific Exposition 2021, ExportHub.id dan AeXI Bawa UKM Indonesia Bertemu Langsung Dengan Global Buyer

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 Oktober 2021 - 09:24 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ExportHub.id dan AeXI mengikuti pameran Pacific Exposition 2021 yang digelar pada 27-30 Oktober 2021, yang diikuti oleh 20 negara. Pameran ini merupakan acara tahunan yang ke-2, setelah sebelumnya diadakan di Auckland, Selandia Baru secara tatap muka pada Juli 2019.

Sedikit berbeda dengan acara pertamanya, acara kali ini bertemakan “It’s Time for the Pacific” yang diadakan secara virtual penuh dengan menggunakan platform khusus.

“Pasifik telah lama dikenal karena keindahan alamnya, budaya yang mempesona, dan orang-orangnya yang ramah, tujuan wisata kelas dunia. Dampak parah dari pandemi COVID-19 telah menghancurkan ekonomi Pasifik khususnya industri pariwisata,” kata Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (27/10/2021).

“Berdasarkan tanggapan positif yang diterima dari negara-negara peserta Pacific Exposition pertama, Indonesia akan menyelenggarakan 2nd Pacific Exposition sebagai upaya untuk melejitkan Ekonomi Pasifik pasca-COVID-19. Saya menantikan partisipasi Anda,” ujarnya.

Acara internasional ini turut menghadirkan para pejabat kementrian, duta besar, pengusaha dan professor sebagai nara sumber dari negara-negara di kawasan Pasifik. Yang menarik pada pagelaran pertamanya, tercatat adanya transaksi sebesar 70 juta dolar AS dalam 4 hari pameran yang dihadiri oleh 5 ribu pengunjung.

"Pasar Pasifik adalah salah satu destinasi ekspor yang sangat potensial untuk dikembangkan disamping pasar ekspor tradisional. Kekuatan dan keungulan produk-produk Indonesia sangat memungkinkan dalam menjawab kebutuhan para importir di negara-negara Pacifik ini," Managing Director ExportHub.id, Amalia Prabowo.

Amalia menambahkan bahwa salah satu pilar ExportHub.id yaitu AeXI (Andalan Ekspor Indonesia), membawa UKM Indonesia yang menjadi binaannya untuk bertemu secara langsung meski virtual dengan para global buyer. “Harapan kami pasar Pacifik ini bisa menjadi destinasi andalan,” ujarnya.

“Kami merasa sangat terhormat berkesempatan diundang oleh Pemerintah Indonesia untuk turut memperkenalkan potensi dan produk para UKM asal Indonesia kepada dunia Internasional di kawasan Pasifik.” kata CEO IndonesiaHub.id, Ghafran Cakradiwirya.

“Tentunya acara ini merupakan kesempatan bagi para mitra dan UKM binaan kami di dunia ekspor untuk menambah peluang pasar baru. Para mitra UKM akan diperkenalkan kepada para buyer melalui platform B2B global kami yaitu IndonesiaHub.id, yang diharapkan akan memicu munculnya leads baru lalu menjadi transaksi dan pastinya akan turut melejitkan ekonomi Indonesia, khususnya di pasar Pasifik pasca-COVID-19,” tutupnya.

ExportHub.id adalah karya anak bangsa. Berawal dari kesadaran akan perkembangan dahsyat di ranah digital dan media sosial yang memahami bahwa dunia kini tanpa batas. Tergerak untuk membawa produk-produk Indonesia masuk ke dalam radar perdagangan.

Berkomitmen untuk membangun sebuah ekosistem ekspor berbasis digital yang menyediakan layanan dari hulu hingga hilir. Semua layanan akan memudahkan para pemangku kepentingan dalam mengakselerasi ekspor produk-produk unggulan Indonesia.

Layanan satu atap dalam ekosistem ExportHub.id adalah jalinan kuat untuk menjawab tantangan terbesar dalam rangkaian perjalanan mewujudkan transaksi ekspor, yaitu sumber daya manusia yang memahami prinsip digitalisasi dan e-commerce, akses luas menuju pembeli-pembeli potensial dari mancanegara, pembiayaan, hingga logistik.

Ekosistem ExportHub.id menyiapkan program terpadu untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui GeTI Incubator. Membuka lebar akses ke pelanggan global melalui PT AeXI, bahkan hingga perizinan dan logistik. Menyiapkan pasar uji coba di dalam negeri melalui PT Usaha Perdagangan Indonesia.