Naik Tipis 1,06 Persen, Harga Bitcoin Jadi Rp890 Juta per Keping

Oleh : Ridwan | Jumat, 22 Oktober 2021 - 19:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Harga Bitcoin terkini kian menguat dalam perdagangan beberapa hari belakangan. Coinmarketcap.com melaporkan, harga bitcoin pada Selasa (19/10/2021) ini menguat tipis 1,06 persen dan kini berada di kisaran US$62.682 per keping. Angka itu setara dengan Rp 890,08 juta (kurs 1 Dolar AS = Rp14.200).

Dibandingkan periode perdagangan yang sama sepekan kemarin, harga bitcoin ini sudah melesat naik 10,03 persen. Menurut laporan Coindesk, harga bitcoin ini melejit karena sentimen positif terkait perdagangan berjangka Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin yang kabarnya akan dilakukan di bursa Amerika Serikat pada pekan ini.

Adapun perdagangan berjangka ETF ini menjadi yang pertama kalinya di Amerika Serikat. Tren bullish atau kenaikan harga bitcoin ini juga diikuti oleh aset kripto lainnya dan menjadi pendorong dari kenaikan kapitalisasi pasar aset kripto yang menembus rekor baru di kisaran 2,5 miliar dollar AS.

Dikutip dari Coindesk, sebagian besar rally di pasar kripto terjadi karena persetujuan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat mengenai perdagangan Proshares Bitcoin Strategy ETF pada Jumat (15/10/2021) kemarin.

Untuk diketahui, ETF itu akan mulai diperdagangan di bursa New York pada hari ini waktu setempat. Harga Bitcoin sendiri juga sudah menguat hingga 30 persen pada bulan ini sejak pengumuman itu memberi sentimen positif terhadap pasar aset kripto secara umum.

"Sebuah ETF ethereum juga akan mengikuti (penerbitan ETF bitcoin) dalam waktu dekat, setelah Bursa Perdagangan Chicago (CME) telah menawarkan kontrak perdagangan berjangka ethereum," demikian tulis QCP Capital, perusahaan pedagang aset kripto, dalam sebuah pengumuman via Telegram.

Sebagai informasi, harga bitcoin terkini menguat diikuti oleh harga mata uang kripto lainnya, seperti harga Binance Coin (BNB) yang naik atau menguat 5,28 persen menjadi sektiar US$496,02 per keping. Dibandingkan perdagangan sepekan kemarin, harga BNB kini telah melesat jauh mencapai 21,20 persen.

Di sisi lain, harga ethereum justru melemah tipis, sekitar 0,86 persen, dan kini berada kisaran US$3.821,08 dollar AS per keping. Meski demikian, jika dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sepekan lalu, harga ethereum diketahui masih menguat sekitar 9,25 persen.