Kadin Bidang Pemberdayaan Perempuan Gandeng 3 UKM Pasarkan Produk Unggulan di 3 Negara

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:39 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng tiga UMKM, Perkumpulan Perempuan Pengrajin Mutiara (P3ML) NTB, brand fashion Handep dari Kalimantan Tengah, dan produk kain tenun dari Pesona Alam Lombok untuk pemberdayaan dan pemasaran produk unggulan Indonesia di tiga negara.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Pemberdayaan Perempuan, Tri Hanurita telah menandatangani nota kerja sama dengan 3 UKM tersebut.

"Kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan lebih lanjut agar produk-produk unggulan ini dengan mudah mengakses pasar dalam negeri dan internasional," kata Tri dalqm keterangannya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (6/10/2021).

Terpilihnya tiga perkumpulan UMKM ini, juga merupakan hasil rekomendasi dari Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono. Terlebih ketiganya sudah pernah tampil di ajang bergengsi seperti Indonesia Fashion Week.

Tri mengatakan, rencananya pihaknya akan kembali membangun Rumah Indonesia pada tahun 2022 mendatang sebagai wadah untuk menampung dan memasarkan produk-produk hasil pemberdayaan tersebut ke pasar yang lebih luas.

KADIN Indonesia juga akan membawa hasil produk UMKM itu ke kancah internasional. Melalui program kerja yaitu Kadin House (Rumah KADIN). Rencananya akan didirikan di tiga negara.

Pertama di Sydney untuk pasar Asia Pasific, kedua di Dubai untuk pasar negara Arab dan Afrika, ketiga di Swiss untuk pasar Eropa. Produk-produk dari ketiga perkumpulan yang menjadi mitra KADIN Indonesia ini nantinya akan melekat di KADIN House yang ada di luar negeri.