POPS Worldwide Menjembatani Strategi Komunikasi Brand dengan Kreator Lokal

Oleh : Wiyanto | Selasa, 21 September 2021 - 23:21 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Perusahaan penyedia hiburan berbasis digital POPS Worldwide resmi memasuki satu tahun perjalanan mereka sejak memulai operasi di Indonesia September 2020 lalu. Selama periode tersebut POPS Worldwide telah bekerjasama dengan lebih dari 80 konten kreator lokal dan mencatatkan lebih 500 juta views di kanal YouTube sebagai bentuk kontribusi dalam industri hiburan digital.

Tidak hanya itu, POPS Worldwide juga telah aktif menjalin kerjasama dengan 50 _brand_ ternama di Indonesia dalam menggelar 80 kampanye yang menjembatani komunikasi pesan suatu _brand_ melalui kolaborasi bersama para konten kreator lokal.

Esther Nguyen sebagai Founder & CEO POPS Worldwide mengatakan, selamat kepada POPS Indonesia. Hanya dalam waktu satu tahun operasi kami telah mencapai sangat banyak prestasi. "Kami bangga dapat membangun posisi sebagai salah satu pelaku industri penting dalam periode yang relatif singkat. Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi kami dan kami harap dapat melanjutkan sukses berkelanjutan bersama para mitra,” katanya.

Pengalaman POPS Worldwide di industri hiburan digital Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Singapura membuat mereka menyadari profil akan masyarakat _digital ready_, oleh karena itu POPS Worldwide menerapkan pendekatan berskala dan multi-kanal yang melibatkan platform pihak ketiga seperti YouTube, Facebook Spotify, Instagram, dan TikTok. Hal ini menjadi faktor pendorong keterhubungan antara _brand_ dan konten kreator lokal semakin kuat dan saling menyokong satu sama lain. Melihat dari sisi konten kreator, mereka dapat menyampaikan manfaat dari strategi komunikasi seperti kampanye yang diadakan _brand_ kepada audiens mereka. Di sisi lain, _brand_ dapat menyampaikan pesan komunikasi mereka secara lokalisasi yang dibuat menyesuaikan format, sarana, dan konsep paling tepat. POPS saat ini telah berkolaborasi dengan lebih dari ribuan konten kreator lokal yang dapat mencakup seluruh target audience yang dibutuhkan oleh _brand_, mulai dari segmen makro, mikro, hingga nano influencer.

“Pencapaian yang sangat menggembirakan bagi POPS Worldwide. Dalam kurun waktu satu tahun di Indonesia kami dapat bekerjasama dengan banyak top creator & brand. Kedepannya POPS berambisi untuk menjadi _'number 1 digital entertainment company'_ di Indonesia, selain fokus pada market millennial & gen Z, POPS juga sangat mengedepankan _hyperlocal content_ sebagai strategi pertumbuhan di Indonesia," ujar Country Manager POPS Worldwide Indonesia, Zico Kemala Batin.

Saat ini POPS Worldwide sudah membangun aset sumber daya digital dengan berkolaborasi lebih dari 1.200 konten kreator yang termasuk beberapa nama besar di dunia hiburan Indonesia seperti Titi & Tian, Nikita Willy, DJ Desa, Alter Ego & Rizky Riplay. Luasnya jaringan konten kreator yang dimiliki POPS Worldwide memberi mereka kompetensi dan kemampuan pemilihan konten kreator paling tepat bagi setiap _brand_ baik di industri manapun, mulai dari telekomunikasi XL, perbankan BCA, Mandiri, elektronik konsumen OPPO, dan masih banyak lagi.

Bani Tan sebagai Regional Director POPS Worldwide mengatakan, satu tahun ini bukan merupakan perjalanan mudah dimana semua pihak terdampak dan hal ini membawa tantangan bagi siapapun.

"Kami memulai perjalanan kami di Indonesia dengan tim kecil yang sekarang telah berkembang lebih besar. Country Head Indonesia kita Zico, dan tim luar biasa telah membuat perjalanan yang nampaknya tidak mungkin ini menjadi mungkin. Kami telah bermitra dengan berbagai konten kreator, menjalankan berbagai kampanye dengan _brand_ terkemuka, serta memberdayakan influencer lokal sekaligus bertumbuh bersama. Kita harus melanjutkan arah tren positif sebab ini hanya awal dari perjalanan dan kami akan menjadi lebih baik.” katanya.