Kemenperin: Industri Bahan Bangunan Mampu Tumbuh 2,79 Persen Sepanjang 2021

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 September 2021 - 07:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan industri bahan bangunan seperti semen, keramik dan produk pengolahan bahan mampu tumbuh 2,79 persen sepanjang 2021. 

Angka tersebut naik dari proyeksi sebelumnya yang dipatok hanya 2,32 persen.

Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Non Logam Kemenperin Adie Rochmanto Pandiangan mengatakan kenaikan tipis pada target pertumbuhan memperhatikan situasi ekonomi dalam negeri yang belum sepenuhnya pulih.

"Revisi pertumbuhan sedikit saja diperkirakan di angka 2,79 persen, memperhatikan dinamisasi keadaan Covid-19 dan recovery ekonomi yang tidak mungkin dapat segera tumbuh besar," kata Adie dilansir Bisnis, (6/9/2021). 

Berdasarkam catatan Kemenperin, industri semen, keramik, dan bahan galian nonlogam mampu tumbuh 8,05 persen di paruh pertama tahun 2021, setelah sebelumnya menorehkan kinerja negatif pada dua bulan pertama 2021. 

"Kenaikan yang cukup besar itu karena kontraksi yang juga cukup dalam pada semester kedua tahun lalu. Dan dikerek dengan pertumbuhan positif sektor properti dan konstruksi," tambahnya.

Adie berharap vaksinasi yang terus meluas mampu mengatasi kondisi pandemi di dalam negeri yang berimbas pada perbaikan ekonomi, sehingga pertumbuhan industri ini dapat dipacu di angka 4,01 persen pada tahun depan. 

Sementara itu, Pemerintah tidak memasang target agresif untuk pertumbuhan industri pengolahan pada 2022, yakni sebesar 4,5—5 persen atau hanya naik tipis dari target tahun ini sebesar 4—4,5 persen.