MTDL Terus Kembangkan Artificial Intelligence untuk Dunia Bisnis di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 September 2021 - 13:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta–  PT  Metrodata Electronics Tbk (“MTDL”),  emiten  Teknologi  Informasi dan Komunikasi (“TIK”) khususnya di  bidang  solusi  digital  serta  distribusi  hardware  dan  software,  terus  gencar  melakukan  inovasi  dan menawarkan beragam solusi Artificial  Intelligence  (AI)  dan  Machine  Learning  untuk membantu berbagai industri menjawab  tantangan bisnis yang kompleks melalui  analisis lanjutan (prediktif dan preskriptif). 

 Berbagai solusi yang dikembangkan oleh  Metrodata  mencakup  beragam  high-value  use  cases  untuk  setiap  lini  bisnis,  mulai  dari  sales  and marketing, supply chain, production, quality and maintenance, logistics, hingga support  function seperti HR dan finance.

 “Pemanfaatan AI dan Machine Learning dapat  membawa  pengaruh dan manfaat  yang  begitu besar  pada  perusahaan.  Proses  operasional  harian  hingga  pengambilan  keputusan  tingkat  Direksi  dapat  didukung  oleh  berbagai  solusi  berbasis data yang menawarkan efektivitas dan  keakuratan,”  ungkap  Head of Big Data & Analytics MTDL, Bernardy Suhendra, Senin (6/9/2021)

 Departemen Supply Chain and Production,  misalnya, dapat  mengaplikasikan ML-Based  Demand Forecasting yang mampu  memprediksi  permintaan  pasar  untuk  periode  mendatang secara akurat, mengurangi stok berlebih, mencegah kehabisan stok, serta  dapat memprediksi dengan akurat jumlah  produk yang diperlukan dan lama waktu  penundaan saat produk perlu diisi ulang.

Sementara  itu,  Departemen  Marketing  dapat memanfaatkan Promotion Effectiveness yang  menggunakan AI dan memungkinkan  organisasi  untuk  secara  efektif  menggunakan  data yang dikumpulkan dari promosi  sebelumnya, mengukur efektivitas, dan membuat rekomendasi untuk promosi di masa  mendatang  berdasarkan  prediksi  yang  sudah dihitung. 

Customer  Profiling  merupakan  tool  lainnya yang dapat membantu mengembangkan kampanye pemasaran,  merancang strategi dan perencanaan  pemasaran secara keseluruhan, dan  membantu perusahaan memahami  karakteristik konsumen.

 Perkembangan teknologi yang begitu pesat  memaksa pebisnis untuk menciptakan berbagai  strategi yang bertujuan memperbarui proses di  seluruh  lini bisnis.  Di sisi  lain,  pandemi  Covid- 19  turut  menimbulkan  perubahan  yang  begitu  besar  di  berbagai  sektor  industri.  Preferensi  konsumen  telah  berubah  dipicu  oleh  kondisi pandemi.

Kini, mayoritas konsumen cenderung  lebih berhati-hati dalam membeli sebuah  produk,  dan  hal  ini  mengakibatkan  terjadinya  perubahan  pola  perilaku  konsumen.  Adaptasi  dan  pengembangan  analisis  berbasis  Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Deep  Learning  (AI,  ML,  &  Deep  Learning)  menjadi  semakin  mendesak  karena  berbagai  teknologi  ini  dapat  membantu  dunia  bisnis  beradaptasi  dengan kemampuan untuk mempermudah  proses peramalan bisnis, pengambilan  keputusan, otomasi, dan pemberian rekomendasi,  baik  untuk  kebutuhan  strategis  maupun operasional sebuah perusahaan.